Banyak Juga Ya, Ini Dana yang Disiapkan Pemkab Cirebon untuk Pilwu di 100 Desa Tahun Ini

CIREBON, RADARCIREBON.ID- Tak sedikit dana yang disiapkan Pemkab Cirebon untuk menggelar Pilwu di 100 desa pada tahun 2023 ini.

Pilwu atau Pemilihan Kuwu atau juga Pemilihan Kepala Desa yang disiapkan Pemkab Cirebon memang sudah pasti butuh dana yang tak sedikit.

Seperti diketahui, Pilwu biasanya menyedot banyak perhatian. Apalagi kali ini digelar di 100 desa. Segala persiapan dilakukan Pemkab Cirebon, termasuk dana yang harus disiapkan.

Pelaksanaan Pilwu 2023 di Kabupaten Cirebon sendiri sudah mendapat kepastian langsung dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kemendagri.

BACA JUGA: Pilwu Digelar Tahun ini, Apa Yang Disiapkan

Ya, Kemendagri melalui surat yang dikirim ke Pemkab Cirebon menegaskan bahwa Pilwu diperbolehkan. Syaratnya, Pilwu 2023 yang diikuti oleh 100 desa di Kabupaten Cirebon ini harus dilaksanakan sebelum tanggal 1 November 2023.

Pemkab Cirebon melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) sudah menerima surat dari Kemendagri tentang dibolehkannya Pilwu 2023.

Kepala DPMD Kabupaten Cirebon Erus Rusmana membenarkan surat terkait pelaksanaan Pilwu 2023 dari Kemendagri sudah diterima dan kini sedang disiapkan turunannya.

“Tinggal ada revisi Perbup atau Peraturan Bupati. Ini sedang kita siapkan,” kata Erus Rusmana, Kamis 19 Januari 2023.

BACA JUGA: 15 ASN Pemkab Cirebon Berebut 3 Posisi Esselon II, Sekda Jamin Tak Ada Pengondisian

“Akan ada agenda rapat besar tingkat Kabupaten Cirebon terkait kesiapan Pilwu 2023 untuk 100 desa. Yang jelas dalam surat dari Kemendagri, Pilwu bisa digelar dengan syarat sebelum 1 November 2023,” ujar Erus Rusmana.

Lalu, berapa dana Pilwu yang sudah disiapkan Pemkab Cirebon?

Diterangkan Erus Rusmana, Pemkab Cirebon sudah menyiapkan dana atau anggaran untuk Pilwu 100 desa tersebut. Total alokasi dana atau anggaran yang disiapkan sebesar Rp19 miliar.

“Anggaran atau dananya sudah ada (Rp19 miliar). Kita tinggal rapat bersama dan menyusun payung hukum dan tahapan Pilwu. Kita optimis bisa gelar Pilwu sebelum 1 November 2023,” imbuhnya.

BACA JUGA: 79 Desa di Kabupaten Cirebon Sudah Berstatus Desa Mandiri

Terkait daftar pemilih tetap (DPT) yang akan digunakan, pihak DPMD masih akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan KPU Kabupaten Cirebon.

“Nanti dalam rapat besar tersebut ada juga dari KPU yang nanti bersama DPMD akan merumuskan DPT yang akan digunakan dalam Pilwu,” tandasnya.

Komentar