Cara Mengatasi Gigi Sensitif Secara Efektif Dan Mudah Di Gunakan

cara mengatasi gigi ngilu
cara mengatasi gigi ngilu
0 Komentar

RADARCIREBON.IDGigi ngilu adalah gejala yang biasanya terjadi saat seseorang menyantap makanan dingin atau manis. Penyebab gigi ngilu sendiri adalah terbukanya lapisan bawah gigi hingga membuat akar gigi yang penuh sel saraf terpapar rangsangan dari luar.

Kondisi ini umumnya terjadi ketika lapisan bawah gigi, yang disebut dentin, terbuka dan mengakibatkan akar gigi yang memiliki banyak saraf kecil menjadi lebih mudah terpapar rangsangan.

Dentin adalah lapisan gigi yang terletak di bawah lapisan luar yang keras, yaitu enamel. Ketika enamel aus atau terkikis karena berbagai faktor seperti penggunaan sikat gigi yang kasar, gigi gemeretak, atau masalah gigi lainnya, maka dentin dapat terbuka.

Baca Juga:Produk Merk Pasta Gigi Yang Cocok Buat Gigi Sensitif AndaApa Jadinya Kalau Kita Makan Buah Nangka Berlebihan Inilah Beberapa Efek Samping Yang Di Timbulkan

Ini membuat saraf-saraf kecil pada akar gigi terpapar langsung dengan lingkungan luar. Akar gigi memiliki ribuan saraf kecil yang sensitif terhadap perubahan suhu, tekstur, dan rasa.

Berbagai Penyebab Gigi Ngilu dan Sensitif

Gigi sensitif atau mudah terasa ngilu dapat disebabkan oleh banyak hal. Berikut ini adalah beberapa penyebab gigi ngilu yang cukup sering terjadi :

  • Kebiasaan menyikat gigi terlalu kencang atau menggunakan sikat gigi berbulu kasar
  • Radang gusi atau gusi tertarik
  • Gigi berlubang, retak, patah, atau terbiasa menggemeretakkan gigi
  • Efek samping prosedur tertentu pada gigi, seperti pemutihan gigi dan pemasangan crown gigi
  • Penggunaan mouthwash dalam jangka panjang
  • Penumpukan plak pada gigi
  • Konsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam atau manis.

Cara mengobati gigi ngilu

Jika kamu mengalami gigi ngilu, kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut.

1. Gunakan pasta gigi khusus

Tahukah kamu bahwa menggunakan pasta gigi khusus yang dirancang untuk gigi sensitif bisa membantu mengurangi rasa ngilu. Pasta gigi ini mengandung zat seperti kalium nitrat yang memiliki manfaat penting.

Kalium nitrat dapat membantu melindungi saraf gigi dan mengurangi rangsangan yang menyebabkan ngilu. Gunakan pasta gigi ini secara rutin ketika menyikat gigi untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Menghindari makanan dan minuman asam

Makanan serta minuman yang mengandung asam, misalnya jeruk, lemon, dan minuman bersoda, bisa memperburuk sensasi ngilu pada gigi sensitif. Upayakan untuk menghindari jenis makanan ini sebisa mungkin. Jika kamu mengkonsumsinya, berkumurlah dengan air setelahnya agar efek asam pada gigi bisa berkurang.

0 Komentar