Cara Menjaga Tubuh Pada Musim Hujan Di Indonesia

cara menjaga tubuh pada musim hujan di indonesia
cara menjaga tubuh pada musim hujan di indonesia
0 Komentar

RADARCIREBON.ID – Pada saat ini Musim hujan dapat merdampak buruk bagi kesehatan kita. Perubahan suhu, kelembaban tinggi, dan peningkatan risiko penyakit menular adalah beberapa masalah yang sering terjadi selama periode cuaca buruk.

Perubahan cuaca yang tidak menentu dan intensitas hujan yang makin meningkat bisa pada musim pancaroba memengaruhi kekebalan tubuh manusia. Untuk itu, Anda perlu tahu cara menjaga kesehatan tubuh ketika musim pancaroba tiba.

Pada musim pancaroba, tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Perubahan cuaca yang drastis dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga lebih rawan terhadap serangan virus dan bakteri. Hal ini menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti flu, pilek, alergi, bahkan infeksi yang lebih serius seperti DBD.

Baca Juga:Makanan Yang Biasanya Ada Di Tahun Baru ImlekKebiasaan Hari Raya Imlek Yang Sering Terjadi Di Indonesia

Pada musim ini banyak menyebabkan turunnya imunitas tubuh karena cuaca yang dingin dan lembab. Apalagi jika cuaca yang berubah-ubah dari musim kemarau ke musim hujan yang menyebabkan tubuh harus beradaptasi akan pergantian musim. Lemahnya imun tubuh dapat menyebabkan kita mudah terserang penyakit. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut merupakan beberapa tips menjaga kesehatan pada musim hujan.

Selain siaga bencana, siaga kesehatan pun menjadi nomor satu. Saat musim hujan, banyak virus dan bakteri yang mudah untuk berkembang. Sehingga, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan dan memperkuat sistem imun. 

Cara Menjaga Tubuh Agar Tidak Terserang Penyakit

Berikut ini ada beberapa cara agar tidak mudah sakit saat musim hujan yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kekebalan tubuh

1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi agar tidak sakit

Pastikan kebutuhan gizi kamu tetap seimbang dengan makan makanan sehat, mulai dari sayur-sayuran dan buah.

Tidak lupa juga untuk mengonsumsi daging sebagai sumber protein dan lemak. Selain itu, pastikan juga mengonsumsi karbohidrat untuk menambah tenaga.

2. Rajin minum suplemen dan vitamin agar tidak sakit

Lengkapi kebutuhan nutrisi yang di perlukan tubuh dengan minum suplemen dan vitamin, ya. Vitamin yang paling utama untuk menjaga daya tahan tubuh adalah vitamin C. Vitamin C mampu mencegah datangnya penyakit seperti flu dan batuk. Kamu bisa juga mendapatkan sumber vitamin C dari buah-buahan, seperti jeruk. 

0 Komentar