Datangi SD, Satbinmas Polres Indramayu Sosialisasi Bahaya Ciki Ngebul

INDRAMAYU, RADARCIREBON.ID Kasus keracunan akibat mengonsumsi jajanan ciki ngebul (Cikibul) di wilayah Jawa Barat, menjadi perhatian jajaran Satbinmas Polres Indramayu.

Jajaran Satbinmas Polres Indramayu terjun langsung ke sekolah-sekolah di Kabupaten Indramayu untuk sosialisasi  bahaya konsumsi ciki ngebul.

Kemarin, Satbinmas Polres Indramayu sosialisasi bahaya jajanan ciki ngebul kepada para siswa di SDN 5 dan 6 Margadadi.

Kapolres Indramayu AKBP Dr M Fahri Sireger SH SIK MH melalui Kasat Binmas AKP Agustian Yudha Permana SH mengatakan, pihaknya mengambil langkah cepat untuk mengantisipasi dari dampak konsumsi ciki ngebul.

BACA JUGA: Kasus Cerai di Kabupaten Indramayu Masih Tinggi, Didominasi Faktor Ekonomi

Salah satu langkah mengantisipasi dampak ciki ngebul dengan menggandeng Disdikbud Kabupaten Indramayu melakukan sosialisasi bahaya cikibul.

Agustian berharap, langkah cepat jajaran Polres Indramayu dalam mengantisipasi terjadinya hal yang lebih jauh dari dampak konsumsi ciki ngebul.

“Apalagi saat ini santer tersiar bahaya dari konsumsi makanan cikibul yang dapat merusak kesehatan,” terang Agustian.

Selain itu, lanjut Agustian, Satbinmas turut berperan aktif dalam mensosialisasikan program Polres Indramayu yaitu prediktif, responsif, partnership, dan problem Solving (P4), serta otak, otot dan hati nurani (O2H).

BACA JUGA: Antisipasi Dampak Super New Moon, Pemdes Eretan Siapkan Pengungsian

“Semoga di Indramayu tidak ada anak-anak yang mengalami gangguan kesehatan akibat cikibul, dan semoga dengan sosialisasi ini, anak-anak dan orang tua  bisa lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan siap saji seperti cikibul yang memakai bahan nitrogen cair,” tukasnya.

Sementara itu, Kabid Ketenagaan Disdikbud Kabupaten Indramayu Nurlita Apriani SSTP menyambut baik yang dilakukan Satbinmas Polres Indramayu yang melakukan sosialisasi bahaya makanan cikibul ke sekolah SD.

“Terima kasih Satbinmas Indramayu, bahaya konsumsi cikibul jadi perhatian kita bersama termasuk Disdikbud akan selalu mengawasi jajanan siswa di sekolah,” tuturnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi adanya gangguan kesehatan akibat konsumsi jajanan cikibul terhadap anak-anak, Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 443.41/156/ Kesmas.

BACA JGUA: Proyek Betonisasi Jalan Pantura Berlanjut, Kapolsek Losarang: Ada Antrean tapi Tak Panjang

Komentar