Ini Dia Replika Pedati Gede Pekalangan Cirebon, Cocok untuk Foto-foto, GRATIS!

CIREBON, RADARCIREBON.ID- Replika Pedati Gede Pekalangan Cirebon kini sudah diresmikan oleh Pemerintah Kota Cirebon pada tanggal 12 Desember 2022 lalu bertepatan dengan 4 tahun masa kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Cirebon Nasrudin AzisEti Herawati

Replika Pedati Gede Pekalangan Cirebon berlokasi di Jl Pasuketan, Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat, berdekatan dengan Gedung British American Tobbacco.

Replika Pedati Gede Pekalangan Cirebon dibuat berdasarkan versi asli dari Pedati Gede Pekalangan yang terletak di pemukiman Pekalangan Kota Cirebon.

Berbeda dengan Pedati Gede Pekalangan Cirebon yang asli yang sulit untuk dikunjungi para wisatawan karena memasuki pemukiman warga, Replika Pedati Gede Pekalangan terletak di tempat yang strategis yaitu di dekat BAT dan juga dekat dengan Pelabuhan Kota Cirebon.

BACA JUGA : Menuju Kampung Wisata Pedati Gede

Para wisatawan tidak perlu khawatir mengenai biaya untuk berkunjung ke Replika Pedati Gede Pekalangan Cirebon karena tidak dipungut biaya. Bagi para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, dikenakan biaya parkir sebesar 2000 rupiah.

Untuk jam masuk ke Replika Pedati Gede Pekalangan para pengunjung dapat mengunjungi dari pagi hingga malam hari dan ada juga angkringan di depan Replika Pedati Gede Pekalangan yang menyediakan berbagai makanan dan minuman sembari menikmati suasana sekitar.

Anggaran Pembuatan Replika Pedati Gede Pekalangan

Replika yang sebelumnya diusulkan 550 meter persegi setelah dipertimbangkan kembali kemudian diubah menjadi 999 meter persegi.

Bahan material pembuatan Replika Pedati Gede menggunakan bahan komposit yang berdasarkan kajian LPPM ITB memiliki daya tahan lebih kuat serta tahan dengan kondisi cuaca karena diletakan di luar ruangan.

Pembuatan Taman Pedati Gede menggunakan dana APBD Kota Cirebon tahun 2022 senilai Rp2.230.313.000.

BACA JUGA : Mengenal Mama Sayi, Lebih dari 27 Tahun Merawat dan Menjaga Pedati Gede Pekalangan Cirebon

Proses Pembuatan Replika Pedati Gede Pekalangan

Dari perencanaan hingga pelaksanaan, melibatkan LPPM ITB dan juga para ahlinya. Dimulai dari ahli sejarah dan budaya, seni rupa, teknik sipil dan konstruksi dikerahkan untuk pembangunan Replika Pedati Gede.

Komentar