Konsistensi PLN Salurkan Bantuan TJSL dengan Pendekatan CSV

BANDUNG, RADARCIREBON.ID- PLN konsisten dalam menjalankan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) demi meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat.

Melalui program PLN Peduli, sejumlah bantuan disalurkan kepada masyarakat. Kini, kegiatan yang dijalankan pun juga selalu merujuk kepada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang dicananangkan oleh PBB.

Tujuannya adalah setiap bantuan yang diserahkan dapat terukur, berdampak serta berkelanjutan. Terlebih lagi, saat ini pendekatan dengan metode Creating Social Value (CSV) semakin gencar dilakukan.

Baca juga: Pulihkan Pascagempa Cianjur, PLN Alirkan Penyambungan Listrik Sementara di Huntara

Melalui metode CSV, isu atau masalah sosial yang terjadi akan dikelola sehingga mampu memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Tercatat, PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (PLN UIP JBT) berhasil menjalankan dua program dengan pendekatan CSV.

Kedua program tersebut adalah bantuan sambung listrik gratis bagi masyarakat kurang mampu di Desa Rengaspendawa, Kabupaten Brebes.

Program berikutnya adalah bantuan pertanian modern hidroponik (Electrifying Agriculture) yang diberikan kepada masyarakat Desa Cimekar, Kabupaten Bandung.

Baca juga: Buya Yahya Raih Gelar Profesor Kehormatan

Melalui bantuan tersebut kedua belah pihak akan merasakan dampaknya. Dari sisi mayarakat mendapatkan bantuan sosial dan juga pengembangan, sedangkan dari sisi PLN, sebagai perusahaan penyedia listrik akan diuntungkan dengan pemakaian listrik yang digunakan.

Program Electrifying Agriculturemmenjadi lompatan besar bagi sektor Pertanian Indonesia. Program yang digagas PT PLN (Persero) ini terbukti telah membawa sektor pertanian menjadi lebih maju dan modern dengan peningkatan produktivitas mencapai 3 kali lipat dan efisiensi biaya operasional sebesar 60 persen.

Program Electrifying Agriculture memanfaatkan alat-alat dan mesin pertanian berbasis listrik.

Kepala Desa Cimekar, Iwan Dharmawan mengatakan, bahwa program electrifying agriculture akan sangat membantu dalam pengembangan UMKM di desanya dalam bidang pertanian hidroponik.

Dirinya pun meyakini program gagasan dari PLN ini akan meningkatkan kualitas sayur hingga produksi sayur.

Baca juga: Aksi Joki Pada Seleksi BUMN Dapat Kecaman

Sementara itu, General Manager PLN UIP JBT, Djarot Hutabri mengatakan, pelaksanaan kegiatan TJSL dengan pendekatan CSV akan semakin ditingkatkan agar tercipta kemandirian ekonomi di masyarakat.

Komentar