Menghafal Alquran Mudah, Ini Cara Menghafal Alquran

Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata:
“Sesungguhnya lupa terhadap hafalan al-Qur’an termasuk akibat dosa-dosa.” (Majmu’ul Fatawa, jilid 13 hlm. 423)
Berikut 3 cara jitu, untuk menghafal alquran yang bisa kita coba:
BACA JUGA:
1. Meluruskan Niat Karena Allah Ta’ala
Berusahalah untuk membersihkan tempat bersemayamnya alquran, yaitu hati . Bersihkan hati dari noda dan dosa, luruskan niat yang ikhlas karena Allah, pasti Allah Ta’ala akan memberikan kemudahan.
Jangan pernah niatkan untuk menghafal alquran hanya untuk dipamerkan dan dibanggakan kepada orang lain. Hal ini bisa membuat kita merasa kecewa saat mengalami kesulitan dalam menghafal, juga akan terhindar dari rasa malas dan merasa lelah.
2. Luangkanlah Waktu Khusus Dengan Alquran
Jika tak pandai memanfaatkan waktu, maka menjadi penghafal Al-Qur’an hanya akan berakhir menjadi keinginan belaka. Meski begitu, bukan berarti menghafalkan Al-Qur’an menjadi hal yang mustahil untuk dilakukan.
Luangkan waktu walau bersama alquran, istiqomah walau hanya 30 menit setelah subuh dan maghrib. Karena diantara banyak waktu, waktu tersebut efektif untuk menghafal.
Dengan terus menerus mengulang ayat yang dihafalkan, akan semakin melekat diingatan, jadi kuncinya adalah untuk tetap mengulang terus beberapa halaman yang dirasa sudah hafal dan jangan ditinggalkan.
Bila sudah hafal namun tidak di ulang kembali, bisa jadi itu membuat lupa kembali dengan hafalan yang sudah dimiliki.
BACA JUGA: Sobekan Irawan
3. Carilah  Guru Untuk Berkonsultasi dan Menyetorkan Hafalan Alquran
Sebelum proses menghapal hendaklah penghapal Alquran memperbaiki bacaan Alqurannya, karena dengan salah membaca akan salah dalam artinya pula.
Disinilah pentingnya seorang guru, untuk bisa meluruskan dan mengoreksi bacaan serta hafalan kita, peran seorang guru dapat memotivasi kita agar terus bersemangat dan mengingatkan hafalan.

Demikian 3 kiat jitu agar mudah menghafal Aquran, karena tidaklah mudah dan perlu kesungguhan dalam menjalankannya.

Jangan lupa juga memohon kepada Allah agar dimudahkan, memohon kan agar dibersihkan hati dari segala dosa, karena penghafal Alquran adalah manusia pilihan. (*)

 

Komentar