Penerima BSU dan PKH Wajib Baca, Berikut Rincian Penghentian Bansos tahun 2023 oleh Pemerintah

RADARCIREBON.ID – Pemerintah akan melakukan penghentian Bansos tahun 2023. Apakah BSU dan PKH menjadi salah satu yang diberhentikan?

Penghentian Bansos tahun 2023 ini dilakukan setelah pemerintah melihat perkembangan kondisi perekonomian saat ini.

Penghentian Bansos tahun 2023 sangat diperlukan pemerintah untuk menangani kondisi ekonomi global yang sedang tidak baik-baik saja.

Sebelumnya penyaluran beberapa Bansos untuk membantu kehidupan dan daya beli masyarakat.

Baca Juga: Bansos BPNT dan BLT BBM 2023 Cair Tanggal Berapa, Cek Penerima Bansos di Sini

Sejumlah bantuan sosial (Bansos) yang diadakan pada tahun sebelumnya diantaranya program Keluarga Harapan (PKH), BSU, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) BST, BLT Dana Desa, BLT BBM, Bantuan Pendidikan dan BPUM.

Pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk Bansos di tahun 2023 sebesar Rp470 T, menteri keuangan Sri Mulyani mengungkapkan Bantuan Sosial ini ditargetkan untuk daya pengentas kemiskinan.

“Tahun depan bansos kami mencapai Rp 470 triliun. Itu untuk menjaga daya beli masyarakat dan memberikan jaring pengaman sosial, terutama kepada kelompok yang rentan,” ujar Sri Mulyani Dikutip dari Outlook Perekonomian Indonesia 2023 pada Jumat 6 Januari 2023 lalu.

Sri Mulyani juga menyampaikan jumlah anggaran tahun 2023 lebih kecil dibanding tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp502,6 T.

Baca Juga: Cuma Modal KTP, KUR Mandiri 2023 Cair Cicilan Rp300 Ribuan

Berikut Bansos yang dihentikan atau distop penyalurannya di tahun 2023, berikut daftarnya:

BLT BBM

Bantuan ini merupakan subsidi yang diberikan oleh pemerintah untuk penyesuaian kenaikan harga BBM bersubsidi pada beberapa waktu lalu.

Dengan jumlah penerima 20,65 juta keluarga selama tahun 2022. Penerima manfaat BLT BBM ini sebesar Rp150 ribu per bulan selama empat bulan.

BSU

Pemerintah menyalurkan Bantuan Sosial Upah (BSU) memiliki alokasi anggaran Rp9,6 triliun diperuntukan bagi pekerja dan buruh yang berpenghasilan dibawah Rp3,5 juta.

Baca Juga: Catat Jadwal dan Syarat KUR BRI 2023, Pinjaman Bisa Sampai Rp500 Juta

Pemerintah membagikan BSU kepada 16 Juta pekerja dengan besaran masing-masing sebesar Rp 600 ribu rupiah namun bantuan ini telah berakhir pada tanggal 27 Desember 2023.

BLT Dana Desa

Bantuan Langsung Tunai atau disingkat BLT Dana Desa merupakan program bantuan pemerintah yang berjenis pemberian uang tunai atau beragam bantuan lainnya, baik bersyarat ataupun tidak  bersyarat untuk masyarakat miskin.

Komentar