Tendik Harus Tau, Regulasi Terbaru Sertifikasi Guru 2023

RADARCIREBON.ID – Regulasi baru disampaikan Kemendikbud terkait proses sertifikasi guru yang semakin mudah dilakukan di tahun 2023.

Regulasi sertifikasi guru terdapat dalam Permendikbud no. 54 tahun 2022 tentang Tata Cara Memperoleh Sertifikat Pendidik Bagi Guru Dalam Jabatan.

Seperti diketahui, regulasi sertifikasi guru saat ini ada dua jalur, yaitu PPG Pra Jabatan dan PPG Dalam Jabatan.

Kemudahan regulasi sertifikasi guru ini dijelaskan pada pasal 4 dimana ayat 1 tercantum bahwa yang dimaksud dengan guru dalam jabatan adalah guru yang diangkat sampai tahun 2025.

Baca Juga: TPG Bakal Dihapus, Tendik Wajib Tahu Skema Baru untuk Tunjangan Sertifikasi Guru 2023

Untuk PPG Dalam Jabatan, program pendidikannya hanya berkisar beberapa bulan, sedangkan PPG Pra Jabatan wajib mengikuti pendidikan selama 6 semester.

Terdapat hal menarik terkait PPG Dalam Jabatan untuk tahun 2023 ini.

Penjelasan dimulai dengan melihat pasal 2 yang menggolongkan guru dalam jabatan menjadi 3 kriteria, yaitu:

1. Guru yang sudah memperoleh Sertifikat Pendidikan Guru Penggerak

2. Guru yang sudah mengikuti pendidikan dan latihan profesi guru, namun belum lulus ujian tulis nasional atau uji kompetensi di akhir Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG).

Baca Juga: Tendik Swasta Bisa Ikut Sertifikasi Guru 2023, Berikut Syarat dan Ketentuannya

3. Guru yang belum mempunyai Sertifikat Pendidik, yang tidak termasuk guru seperti yang dimaksud dalam angka 1 dan angka 2.

Hal ini dibedakan karena ada hal istimewa terkait guru penggerak, dimana pada pasal 15 disebutkan bahwa proses PPG itu harus mengikuti 36 SKS dan pemenuhannya dapat dilakukan dengan dua jalur:

  • Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)
  • Pembelajaran Program Studi pendidikan profesi Guru

Dengan adanya RPL, maka para guru tidak perlu mengikuti seluruh proses pendidikan PPG, hanya perlu mengikuti ujian akhir saja.

Sehingga guru yang telah memiliki sertifikat guru penggerak tidak perlu mengikuti program pendidikan sebanyak 36 SKS. Hal ini tertuang dalam pasal 16 ayat 1.

Baca Juga: Ada Sertifikasi Dosen di 2023, Catat Persyaratannya

Hal yang sama juga berlaku bagi guru yang telah mengikuti pendidikan dan latihan profesi guru atau yang dulu dikenal dengan PLPG.

Komentar