Tradisi Obrog, Bangunkan Sahur dengan Alat Musik Lengkap Plus Pengeras Suara

Tradisi obrog di Majalengka
Tradisi obrog di Majalengka
0 Komentar

MAJALENGKA, RADARCIREBON.ID – Tradisi musik obrog-obrog untuk membangunkan sahur selama bulan Ramadan masih berlangsung di Kelurahan Majalengka Kulon, seperti di lingkungan Bumi Wening RW 04.

Setiap dini hari mulai pukul 02.00 WIB, puluhan anak muda berkeliling untuk membangunkan sahur dengan membawa alat musik lengkap serta pengeras suara. 

Ketua RW 04 Kelurahan Majalengka Kulon, H Kuslan, menyebutkan bahwa kegiatan obrog-obrog dilakukan oleh para pemuda Karang Taruna RW 04 yang mencapai 25 orang. 

Baca Juga:Pekan Kedua Ramadan, Harga Telur dan Daging Ayam Kembali NaikĀ Pemkab Kuningan Mulai Lakukan Perbaikan Jalan Jalur Mudik Lebaran

Menurut H Kuslan, yang juga pembina obrog- obrog, grup obrog berkeliling dengan membawa gerobak untuk mengangkut peralatan musik serta pengeras suara di Jalan Siti Armilah Lingkungan Bumi Wening setiap hari untuk membangunkan warga sahur.

“Puluhan anak muda antusias dan penuh semangat berkeliling obrog- obgog membangunkan makan sahur warga selama bulan Ramadan dengan iringan musik lengkap,” ujar H Kuslan, diiyakan Ketua Obrog- obrog RW 04, Ucu.

Hal serupa juga dilakukan oleh anggota Karang Taruna di RW 05 Kelurahan Majalengka Kulon.Ketua RW 05, Aang Nurhaeni, menyebutkan bahwa di lingkungan RW 05 hanya ada satu grup yang berkeliling untuk obrog-obrog membangunkan warga untuk sahur selama bulan Ramadan. 

“Ada 15 anak-anak Karang Taruna RW 05 yang aktif berpartisipasi dalam obrog-obrog setiap malam hingga pagi hari,” ujar Aang, diiyakan Ketua Karang Taruna RW 05, Mochamad Indra Fauzan. (ara)

Para pemuda masih tetap melestarikan musik obrog-obrog untuk membangunkan sahur selama bulan Ramadan.

0 Komentar