Update Terbaru Bansos BPNT Tahap 1 2024, Sudah Ada Tanda-Tanda akan Segera Dicairkan Melalui 2 Metode, KPM Segera Cek Nama

BLT Mitigasi Risiko Pangan
BLT Mitigasi Risiko Pangan akan disalurkan pemerintah di tahun 2024. Foto: hariandisway
0 Komentar

RADARCIREBON.ID – Dalam artikel ini akan diberikan update informasi terbaru progres pencairan bantuan sosial atau bansos BPNT tahap 1 tahun 2024 baik itu lewat PT Pos Indonesia maupun KKS Bank Himbara.

Sudah banyak keluarga penerima manfaat yang bertanya kapan pencairan bansos BPNT tahap 1 tahun 2024 akan berlangsung? Baik itu yang cair lewat KKS Bank Himbara maupun PT Pos Indonesia.

Ditahun 2024 ini pemerintah masih menyiapkan skema pencairan bantuan sosial untuk warga yang terdata dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kemensos RI, tidak terkecuali bansos BPNT

Baca Juga:Timnas Indonesia Vs Irak, Perjuangan Piala Asia 2023 Dimulai, Berikut Perkiraan Susunan Pemain, Head to Head dan Prediksi SkornyaMANTAP INI, PLN Adakan Promo Tambah Daya Listrik, Dulu Jutaan, Kini Cuma Rp200 Ribu, Berlaku Sampai Akhir Januari 2024

Sebelumnya banyak beredar di kalangan masyarakat jika bantuan yang juga disebut program sembako ini sudah disalurkan di awal Januari 2024. 

Namun informasi tersebut tidak dapat dibuktikan kebenarannya alias meragukan. Apalagi hingga saat ini pemerintah masih menyelesaikan penyaluran bantuan sosial tahun 2023 yang belum rampung. 

Setelah proses penyaluran tahun sebelumnya sudah rampung, maka akan dilanjutkan penyaluran bantuan sosial tahap berikutnya.

Memasuki minggu ketiga bulan Januari 2024 sudah ada tanda-tanda pencairan bantuan sosial BPNT tahap 1 tahun 2024. 

Apa sajakah tanda-tanda tersebut?

Jika dipantau dari aplikasi SIKS-NG sudah muncul update terbaru proses pencairan BPNT tahap 1. 

Terpantau pada hari Minggu 14 Januari 2024 kemarin, hasil pengecekkan di SIKS-NG untuk BPNT yang proses pencairannya melalui Bank Himbara sudah ada perubahan periode salur Januari-Februari 2024.

Sementara keterangan lainnya seperti verifikasi rekening dan SP2D terpantau masih kosong. 

Baca Juga:Perkiraan Cuaca Senin 15 Januari 2024, Wilayah Cirebon Potensi Hujan Ringan, Waspada Cuaca Berubah CepatInilah Ciri-Ciri KPM yang Tidak Lagi Mendapat Bansos PKH dan BPNT 2024, Simak Juga Aturan Terbarunya Disini

Begitu juga yang lewat PT Pos Indonesia sudah berubah periode salurnya menjadi Januari-Maret 2024. Sedangkan untuk keterangan verifikasi rekening dan SP2D juga masih kosong. 

Melihat update terbaru ini artinya proses penyaluran BPNT sudah pada tahapan persiapan data nama Keluarga Penerima Manfaat atau KPM.

Jadi bagi KPM yang sudah muncul detail bansosnya ditahap 1 maka inilah yang akan diproses untuk verifikasi rekening.

Dapat disimpulkan jika penyaluran bantuan BPNT masih menggunakan dua mekanisme penyaluran yaitu lewat Pos dan Bank Himbara.

Untuk yang cair lewat Pos bantuan disalurkan pertiga bulan, dan yang cairnya lewat bank himbara per dua bulan. 

Sedangkan untuk bantuan Program Keluarga Harapan atau PKH saat ini masih belum ada update terbaru. 

0 Komentar