Apakah Boleh Mengonsumsi Minyak Zaitun sebagai Bahan Makanan? Inilah 5 Manfaat Memakannya

minyak zaitun sebagai bahan makanan
Foto: Shutterstock - radarcirebon.id
0 Komentar

2. Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Meskipun ada banyak faktor yang berperan dalam risiko Anda terkena penyakit Alzheimer — dengan beberapa benar-benar di luar kebiasaan Anda — mengonsumsi antioksidan yang ditemukan dalam minyak zaitun yang disebut oleocanthal mungkin memiliki dampak positif.

Telah dikemukakan bahwa minyak zaitun, terutama fenolnya, dapat bertanggung jawab atas efek menguntungkan dari diet Mediterania pada kesehatan otak. Ada data yang menunjukkan bahwa kepatuhan terhadap diet ini terkait dengan penurunan risiko demensia.

Data menunjukkan bahwa pola diet yang kaya akan makanan yang mengandung asam lemak omega-3, seperti minyak zaitun, melindungi dari degenerasi makula lebih baik daripada pola diet yang lebih mengikuti gaya Barat.

Baca Juga:5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah Sederhana yang Bikin Glowing Seketika3 Cara Membuat Masker Gula Pasir, Bahannya Efektif untuk Melembapkan Kulit

Pola diet tertentu yang mengandung makanan kaya ω-3 FAs (kacang-kacangan, minyak zaitun, dan ikan), seperti diet Mediterania, tampaknya melindungi perkembangan AMD dibandingkan dengan diet Barat yang kaya lemak dan karbohidrat.

Dan satu penelitian menunjukkan bahwa penggunaan minyak zaitun secara teratur terkait dengan efek perlindungan untuk degenerasi makula lanjut di kalangan populasi lanjut usia.

4. Mengurangi Risiko Terkena Diabetes

Konsumsi minyak zaitun telah dikaitkan dengan efek positif pada gula darah. Dan data menunjukkan bahwa mengikuti diet Mediterania, yang kaya akan minyak zaitun, menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

5. Menurunkan Aktivitas Penyakit Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun dan peradangan yang menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan di bagian tubuh tertentu.

Bukti menunjukkan bahwa asupan minyak zaitun dapat mengurangi peradangan pada mereka yang mengelola rheumatoid arthritis, sehingga mungkin mengurangi rasa sakit. Untuk lebih banyak cara mengurangi peradangan di tubuh Anda, lihat ini 30 Makanan Anti-Peradangan Terbaik.

Demikianlah ulasan tentang manfaat mengonsumsi minyak zaitun sebagai bahan makanan. Semoga bermanfaat.

https://youtu.be/shoTJbPzRkQ

0 Komentar