Sulap Sampah Jadi Berkah, PLN UIP JBT Berikan Bantuan Program Bank Sampah di Kabupaten Jepara

Sulap Sampah Jadi Berkah, PLN UIP JBT Berikan Bantuan Program Bank Sampah di Kabupaten Jepara
Bank sampah merupakan upaya PLN untuk menjadikan desa memiliki pengelolaan sampah yang baik, dan diharapkan dapat menjadi percontohan di wilayah Jepara.foto:ist/radarcirebon.id.
0 Komentar

Masih mengutip dari SIPSN, tercatat Kabupaten Jepara menyumbang sampah lebih dari 150 Ribu Ton / Tahun. Sedangkan, menurut Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Jepara, Lulut Andi Ariyanto, sampah di Jepara didominasi oleh sampah plastik yang berasal dari permukiman dan juga sampah kiriman di pesisir pantai. Dirinya juga menuturkan bahwa sampah di Jepara terdiri dari 25 persen sampah organik dan 75 persen sampah anorganik dimana 30 persennya berupa sampah plastik.

Saat ini, program TJSL PLN terus berfokus pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals_ (SDGs) yang telah disepakati oleh negara-negara di dunia. Program bantuan ini sendiri merupakan wujud upaya PLN dalam pencapaian SDGs nomor 11 yaitu Kota dan Komunitas yang Berkelanjutan.

Petinggi Desa Tunggulpandean, Khotibul Umam menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan Program Bank Sampah yang diserahkan oleh PLN. Dirinya menyebut bahwa ini merupakan kesempatan bagi masyarakat Desa Tunggulpandean untuk berkontribusi dalam peningkatan kepedulian kepada lingkungan sekaligus juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

0 Komentar