Lansia Wajib Tahu! Hindari Kebiasaan Ini, Bisa Bikin Sakit Ginjal

Lansia Wajib Tahu! Hindari Kebiasaan Ini, Bisa Bikin Sakit Ginjal
Lansia Wajib Tahu! Hindari Kebiasaan Ini, Bisa Bikin Sakit Ginjal
0 Komentar

Tentu saja bukan jadi alasan untik tidak berhenti. Karena merokok termasuk kebiasaan buruk yang dapat menurunkan kesehatan organ ginjal.

Asap rokok dapat merusak fungsi organ ginjal. Jadi sebaiknya dihindari agar organ ginjal tetap berfungsi secara optimal. 

Efek kebiasaan merokok ini bisa memicu penyakit gagal ginjal. Hal ini karena racun dari asap rokok bisa mengendap dalam tubuh.

5. Konsumsi Obat Penghilang Nyeri 

Baca Juga:IAIN Syekh Nurjati dan Fatoni University Sepakati Kerjasama Penguatan Kajian Keislaman dan KemanusiaanIAIN Syakh Nurjati dan Al-Madinah International University Dorong Implementasi Kerjasama Pertukaran Dosen

Lansia usia 60 tahun rentan mengalami nyeri sendi. Khususnya buat lansia yang mengalami penyakit asam urat.

Penderita asam urat memicu kebiasaan yang bikin ginjal sakit. Karena harus mengonsumsi obat pereda nyeri.

Obat nyeri sendi seperti non steroidal anti-inflamatory drug (NSAID) dan analgesik. Mengonsumsi obat-obatan tersebut secara berlebihan bisa mengakibatkan ginjal rusak.

Maka batasi konsumsi obat tersebut daripada mengakibatkan kanker ginjal. Sebaiknya konsultasi dengan dokter dalam mengonsumsi obat karena agar tak berdampak buruk pada ginjal. 

Oleh karena itu beberapa kebiasaan yang bikin ginjal sakit pada lansia ini segera dibatasi. Karena tidak baik untuk kesehatan organ ginjal.

Menjaga kesehatan sejak muda lebih dianjurkan. Dengan pola makanan sehat dan olahraga teratur serta minum air putih juga tidur teratur dapat menjaga kesehatan ginjal.

0 Komentar