Jangan Salah Pilih Pakai Minyak Telon atau Minyak Kayu Putih untuk Buah Hati

minyak kayu putih atau minyak telon
minyak kayu putih atau minyak telon
0 Komentar

RADARCIREBON.ID – Minyak telon ataupun minyak kayu putih memang sudah dikenal seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Namun meski sama-sama minyak oles untuk keluarga, keduanya adalah produk yang berbeda jika dilihat dari komposisi, tekstur, aroma, fungsi, dan manfaatnya.

Jadi sebagai orang tua yang sedang mencari produk untuk menghangatkan tubuh si kecil, pilihlah dengan tepat antara kedua jenis minyak tersebut.

Baca Juga:Siapa Sangka Makanan Ini Bisa Bikin Panjang UmurWortel dan Madu Ampuh Hilangkan Kerutan di Bawah Mata, Begini Caranya

Berikut adalah perbedaan kedua minyak ini dan mana yang cocok untuk kebutuhan keluargamu!

Antara minyak telon dan minyak kayu putih, ada perbedaan mencolok yang bisa digunakan sebagai patokan membedakan keduanya. Apa saja perbedaan keduanya dan bagaimana cara membedakannya?

Komposisi

Perbedaan kayu putih dan telon yang paling utama bisa dilihat dari komposisinya.Biasanya, minyak kayu putih akan terasa lebih panas ketika diusapkan ke kulit tubuh. Sebaliknya, minyak telon hanya memberikan sensasi hangat yang tidak terlalu panas.

Nah, perbedaan tingkat panas antara kayu putih dan telon ini sangat dipengaruhi oleh bahan pembuatnya.

Kayu putih terbuat dari hasil penyulingan ranting dan daun kayu putih, yaitu dari pohon Melaleuca cajuputi atau Melaleuca leucadendra.

Sementara itu, telon terbuat dari campuran minyak adas, minyak kelapa, dan minyak eucalyptus dengan kadar beragam.

Manfaat

Orang Indonesia biasanya menggunakan minyak kayu putih untuk meredakan kembung atau masuk angin, sedangkan minyak telon untuk menghangatkan tubuh.

Baca Juga:Sambil Menunggu Dibuka, KUR BRI 2024 Super Mikro Suku Bunga 3%, Pahami Kiatnya Agar LolosHasil Malaysia Open 2024, Jonatan Christie Langsung Kalah di Babak Awal

Tapi, sudah tahukah kamu, fungsi dan manfaat sebenarnya dari kedua minyak ini?

Minyak kayu putih memiliki efek aromaterapi sehingga kerap digunakan untuk meredakan gejala hidung tersumbat, pilek, dan sakit kepala.

Kayu putih juga punya senyawa cineole yang meresap dan bekerja mengurangi sakit di area kulit.

Minyak ini mampu memicu produksi hormon serotonin untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan, bahkan bisa membuat seseorang merasa nyaman.

Di sisi lain, telon pun sering dimanfaatkan untuk melegakan pernapasan yang tersumbat akibat sakit pilek.

Aroma khas dari campuran minyak adas dan eucalyptus dalam telon mampu meredakan hidung tersumbat. Aroma khas ini pun mampu mengusir nyamuk.Tak heran kalau bayi sering dioleskan telon di tubuhnya agar terhindar dari gigitan nyamuk.

0 Komentar