Air Sudah Sampai ke Pelanggan

muara-sungai-sukalila
Kondisi muara DAS Sukalila di Pesisir Kelurahan Panjunan, Senin (20/7). Foto: Okri Riyana/Radar Cirebon
0 Komentar

Adapun bila ternyata masih ada aliran air yang belum lancar ke rumah-rumah warga, Opang memperkirakan, hal itu terjadi karena rasio pelanggan di kawasan lingkungan tersebut cukup padat dan berada di jaringan terjauh. Karena ada rasio untuk jarak kilometer tertentu, kapasitas jumlah pelanggan idealnya.
Namun, hal tersebut akan terus ditangani selama proses normalisasi, sampai dengan penyaluran air kepada seluruh pelanggan kembali normal seperti sedia kala.
Sementara itu, pantauan Radar Cirebon di sejumlah kawasan permukiman memang sudah kembali dialiri air dan kembali normal. Walaupun di beberapa daerah, pelanggan masih tetap mengeluhkan. Sebab aliran air masih dirasakan belum maksimal.
Ketua RW 11 Bumi Kalijaga Permai Barat Kelurahan Kalijaga, Pujo Kahono mengatakan, sejak minggu (19/7) malam sekitar pukul 22.00 WIB, aliran air sudah mengalir ke rumah rumah warga. Namun sayangnya, di beberapa titik yang berada di dataran yang lebih tinggi, pelayanan air masih tetap sama.
“Kalau di daerah yang dataranya rendah sih sudah keluar airnya. Tapi yang di daerah yang datarannya lebih tinggi, keluarnya masih kadang-kadang,” ungkapnya.
Menurut Pujo, warga di beberapa titik seperti di Jl Wijaya Kusuma, Jl Mawar, Jl Dahlia, dan Jl Aster memang kerap kali mengeluhkan pelayanan yang dirasa tidak maksimal.
Sebelum adanya proses normalisasi, di daerah daerah tersebut aliran air hanya ngocor sewaktu-waktu saja. Biasanya hanya saat malam hari. Itu pun harus dipancing menggunakan pompa listrik.
Dirinya berharap agar adanya normalisasi membuat pelayanan di daerah tersebut semakin baik. Sebagaimana pelayanan terhadap pelanggan lainya.
Hal yang sama juga dikatakan oleh Lukman Santoso, warga di RW 10 Samadikun Selatan. Sejak Minggu malam kemarin air sudah mengalir dengan lancar. Sebelumnya, warga Samadikun juga mendapatkan bantuan dropping air dengan menyuntikan ke pipa saluran pelanggan.
Namun pelanggan yang berada di daerah terjauh, yakni di RT 02 dan 03 yang rumahnya berada di dekat pesisir pantai, pelayanan airnya juga belum maksimal. “Normal kalau malam hari di atas jam 10 malam. Kalau siang nggak semua,” ungkapnya.

0 Komentar