Bandara Kertajati Beroperasi Penuh, Layani Penerbangan Niaga Berjadwal serta Jamaah Haji dan Umroh

Menhub Budi Karya Sumadi (5 dari kanan) dan sejumlah tokoh masyarakat Jawa Barat melakukan gunting pita menandai beroperasinya Bandara Kertajati Majalengka. Foto: Kemenhub
0 Komentar

RADARCIREBON.IDBandara Kertajati Majalengka atau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) telah resmi memulai layanan penerbangan niaga berjadwal rute domestik maupun internasional pada Minggu, 29 Oktober 2023. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas dua penerbangan perdana dari Bandara Kertajati yakni maskapai AirAsia jurusan Kertajati-Denpasar, serta Super Air Jet jurusan Kertajati-Medan. 

Budi berharap pada seluruh elemen masyarakat, pemerintah daerah dan pelaku usaha untuk mendukung pertumbuhan Bandara Kertajati ini. 

Baca Juga:Disebut Berasal dari Surga, Inilah Manfaat Buah Tin bagi Kesehatan TubuhCara Ampuh Hilangkan Flek Hitam di Wajah, Cukup Pakai Bahan Alami, Salah Satunya Kentang

Mantan Dirut PT Angkasa Pura II itu berharap  semua stakeholder, baik itu Kementerian/Lembaga, pemerintah Daerah, Dinas Pariwisata, pelaku usaha hotel, travel, serta unsur terkait lainnya, mendukung penuh kegiatan penerbangan di Bandara Kertajati

“Dengan semakin baiknya konektivitas diharapkan akan meningkatkan perekonomian dan potensi wisata yang akan mendorong kesejahteraan masyarakat, serta mempersatukan Indonesia,” ujar Menhub.

Pada penerbangan perdana hari ini, tingkat keterisian (okupansi) penumpang pesawat mencapai 70 hingga 80 persen, khususnya di rute favorit seperti Denpasar, Medan, serta Balikpapan. 

Kemenhub memproyeksikan okupansi akan semakin meningkat pada masa peak season yaitu libur natal dan akhir tahun.

Selain penerbangan niaga berjadwal, Kertajati juga diproyeksikan akan melayani penerbangan umroh dan haji.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Hilman Latief menyebut potensi penerbangan haji dan umroh melalui Bandara Kertajati sangat baik dan akan semakin meningkat.

“Jawa Barat merupakan provinsi dengan jemaah haji terbanyak. Untuk itu akan kita optimalkan tahun depan seiring dengan adanya kuota tambahan,” kata Hilman. 

Baca Juga:Perkiraan Cuaca Senin 30 Oktober 2023, Wilayah Cirebon Berawan, Waspada Angin KencangHujan Sudah Mulai Turun dengan Intensitas Tinggi, Waspada Cuaca Ektrem di Wilayah Jawa Barat

“Kami juga mengimbau penyelenggara umroh dan calon jemaah umroh turut memanfaatkan dan meramaikan Bandara Kertajati,” imbuhnya. 

Terdapat sebanyak tujuh rute yang dialihkan dari Bandara Husein ke Bandara Kertajati yaitu tujuan Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), Batam (BTH), Denpasar (DPS), Makassar (UPG), Medan (KNO), serta Palembang (PLM). 

Ketujuh rute tersebut dilayani pesawat jet dari maskapai Citilink, AirAsia serta Super Air Jet.

Sementara itu, rute penerbangan berjadwal luar negeri meliputi tujuan Kuala Lumpur, Malaysia. Rute ini telah beroperasi sejak pertengahan Mei 2023, pasca penerbangan umroh dan musim haji 2023 lalu.  

0 Komentar