BIKIN KAGET! Tol Cisumdawu Terkini Seksi 5A Jauh dari Selesai, Jadi Pesimis Februari Selesai

SUMEDANG, RADARCIREBON.ID – Penampakan Tol Cisumdawu terkini terlihat masih jauh dari selesai, terutama di Seksi 5A Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Pada visualisasi Apri Subroto, kondisi Tol Cisumdawu terkini masih banyak pekerjaan berat baik jembatan, underpass hingga main road yang belum dibeton.

Kondisi Tol Cisumdawu terkini yang belum dibeton tentu bikin kaget, karena kondisinya jauh dari selesai.

Dilihat dari kondisi medannya, Seksi 5A Conggeang memang sangat menantang karena terdapat Jembatan Conggeang yang memiliki panjang 636 meter.

Baca juga: Tol Cisumdawu Dibuka!! Majalengka-Bandung Hanya 45 Menit Saja

Tidak hanya itu, terdapat underpass yang di bawahnya melintas jalan utama Paseh dan jalan penghubung dari Conggeang ke Buah Dua.

Belum lagi sambungan dari jembatan ke main road yang perlu perataan dan penimbunan untuk struktur jalan.

Progres Tol Cisumdawu Terkini

Diperkirakan progres pembangunan Tol Cisumdawu terkini di Seksi 5A Conggeang baru di atas 60 persen sampai dengan 70 persen saja.

Padahal di Seksi 6A dan Seksi 6B yang posisinya ada di Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang, sudah di atas 90 persen bahkan 100 persen.

Baca juga: Tol Cisumdawu Kapan Beroperasi? Ini Dampaknya untuk Cirebon jika Tol Cisumdawu Sudah Dibuka

Karenanya, Seksi 5A dan Seksi 5B di Conggeang akan sangat menentukan apakah Tol Cisumdawu akan terhubung pada akhir Februari 2023 atau tidak.

Pada visualisasi Tol Cisumdawu terkini, terlihat pekerjaan main road yang masih belum dilakukan pembetonan tetapi dalam kondisi perataan timbunan tanah untuk struktur.

Penampakan Tol Cisumdawu Terkini

Visualisasi Tol Cisumdawu terkini tersebut terlihat di sekitar Desa Cibereuyeuh dan Conggeang Kulon, dengan akses main road belum dibeton.

Sedangkan di Seksi 4B yang terhubung ke Seksi 5A sebenarnya sudah dibeton hampir seluruhnya.

Baca juga: Jamaah Haji 2023 lewat Kertajati, Berikut Sejarah Pemberangkatan Haji di Indonesia

Nantinya, Seksi 5A ini akan menjadi salah satu ikon dari Tol Cisumdawu selain twin tunnel. Sebab, ada jembatan terpanjang dengan total panjang mencapai 636 meter.

Kendati demikian, di hadapan Rapat Kerja Komisi V DPR RI, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono merasa yakin bahwa Tol Cisumdawu dapat tuntas pada akhir Februari 2023.

Komentar