Catat Besaran Tunjangan Sertifikasi Dosen 2023, Cair Setiap Bulan

RADARCIREBON.ID – Dosen yang sudah bersertifikasi tentu bisa sedikit berlega hati, sebab setiap bulannya berhak mendapatkan tunjangan sertifikasi dosen.

Tunjangan sertifikasi dosen ini diberikan secara kontinyu bagi dosen yang sudah memenuhi syarat.

Adapun tunjangan sertifikasi dosen ini sendiri merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap kerja keras para dosen di Indonesia yang telah menguasai kompetensi yang ditentukan.

Sekaligus mengabdi sepenuh hati untuk melaksanakan Tri Dharma sepanjang karirnya.

Baca Juga: Ada Sertifikasi Dosen di 2023, Catat Persyaratannya

Lalu, apa sebenarnya tunjangan serdos dan berapa kira-kira nilai atau nominalnya? Cari tahu melalui informasi berikut ini. 

Sebelum mengetahui berapa besaran tunjangan sertifikasi dosen maka pahami dulu pengertian dari tunjangan sertifikasi itu sendiri.

Tunjangan sertifikasi juga umum disebut sebagai tunjangan profesi. Maka jangan bingung jika memakai dua jenis istilah ini. 

Tunjangan sertifikasi atau profesi adalah tunjangan yang diberikan kepada seseorang yang menekuni sebuah profesi dan sudah tersertifikasi.

Baca Juga: Banyak Keuntungan, Buruan Daftar Sertifikasi Dosen 2023

Proses sertifikasi ini dilakukan dengan serangkaian tes untuk menguji kemampuan atau kompetensi pemilik profesi tersebut. 

Jika hasil tes sertifikasi menunjukan bahwa seseorang tersebut memang sudah memiliki kompetensi yang ditentukan.

Maka sertifikasi akan diterbitkan dan diterima oleh orang tersebut. Setelahnya, pemilik sertifikasi berhak mendapatkan tunjangan. 

Tunjangan inilah yang disebut sebagai tunjangan sertifikasi atau profesi tadi. Lalu, profesi apa saja yang berhak mendapatkan tunjangan tersebut?

Baca Juga: Perlu Dicoba, 8 Tips Lolos Sertifikasi Dosen 2023

Di Indonesia sendiri tunjangan sertifikasi yang sudah diatur dan ditetapkan pemerintah diberikan kepada 2 jenis profesi. 

Pertama tunjangan sertifikasi dosen dan yang kedua adalah tunjangan sertifikasi guru.

Sehingga sejauh ini, tunjangan sertifikasi yang diatur dan diakui oleh pemerintah ditujukan kepada tenaga pendidik di tanah air. 

Aturan ini bisa ditemukan di dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Baca Juga: Cuma Modal KTP, KUR Mandiri 2023 Cair Cicilan Rp300 Ribuan

Tepatnya pada pasal 14 yang menjelaskan bahwa guru berhak memperoleh penghasilan di atas kebutuhan hidup minimum dan jaminan kesejahteraan sosial. 

Komentar