Hati-Hati Nitrogen Cair pada Ciki Ngebul, Ini Edaran yang Dikeluarkan Kemenkes

MASYARAKAT diimbau untuk selalu hati-hati pada nitrogen cair yang biasanya ada pada makanan atau jajanan ciki ngebul atau ice smoke. Pemerintah melalui Kemenkes pun sudah mengeluarkan edaran terkait ciki ngebul ini.

Imbauan terkait kewspadaan pada jajanan ciki ngebul sudah dikeluarkan Kemenkes melalui Surat Edaran Nomor KL.02.02/C/90/2023 tentang Pengawasan Terhadap Penggunaan Nitrogen Cair Pada Produk Pangan Siap Saji.

Surat edaran itu ditandatangani langsung Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu pada 6 Januari 2023.

BACA JUGA: Diabetes di Usia Muda Lebih Berbahaya, Kenali Tanda-tandanya

Dalam surat edaran itu, Kemenkes meminta semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya mengonsumsi ice smoke atau ciki ngebul yang banyak dijual di masyarakat.

Kewaspadaan ini penting sebagai langkah pencegahan kasus keracunan pangan yang lebih parah akibat konsumsi nitrogen cair yang berlebihan pada ice smoke atau ciki ngebul.

“Surat Edaran ini dimaksudkan sebagai upaya pencegahan dan peningkatan kewaspadaan pada penggunaan nitrogen cair pada pangan siap saji untuk mencegah terjadinya keracunan pangan,” kata Maxi di laman Kemenkes yang dikutip Radar Cirebon pada Kamis 12 Januari 2023.

BACA JUGA: TBC dan HIV Sebabkan Masalah Kesehatan Terbesar di Dunia

Dalam surat edaran itu  ijelaskan bahwa penggunaan dan penambahan nitrogen cair pada makanan pangan siap saji yang berlebihan dan dikonsumsi jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.

Di antaranya radang dingin, luka bakar atau cold burn pada jaringan kulit, tenggorokan terasa seperti terbakar, bahkan dapat terjadi kerusakan internal organ.

Hal ini disebabkan oleh suhu yang teramat dingin dan langsung bersentuhan dengan organ tubuh dalam waktu yang panjang.

BACA JUGA: Air Putih Dapat Tangkal Penyakit Kronis dan Tunda Penuaan

Selain itu, menghirup uap asap nitrogen dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan kesulitan bernafas yang cukup parah.

“Nitrogen cair ternyata tidak hanya berbahaya bila dikonsumsi, uap asap nitrogen yang dihirup dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kesulitan bernafas yang cukup parah,” beber Maxi.

Komentar