Indramayu Raih Adipura, Bupati Nina Ajak Tingkatkan Tata Kelola Lingkungan dari Hulu hingga Hilir

ciri-ciri ginjal tidak sehat
ginjal yang tidak sehat dapat dilihat dari warna urine yang keruh, pinggang bagian bawah terasa sakit, dan terjadi pembengkakan di kaki dan lengan
0 Komentar

 

INDRAMAYU, RADARCIREBON.ID – Kabupaten Indramayu di bawah kepemimpinan Bupati Hj Nina Agustina SH MH CRA selalu jadi perhatian oleh pemerintah pusat. Sejumlah penganugerahan telah diraih selama tahun 2023.

Kali ini, Kabupaten Indramayu kembali meraih penghargaan Adipura, hasil penilaian tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Anugerah Adipura dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024 di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Selasa 5 Maret 2024.

Baca Juga:Tekan Harga Beras Jelang Ramadan, Bulog Cirebon Salurkan Beras SPHP ke Ritel dan Pasar TradisionalMenpan-RB Bersama Bupati Imron Sidak ke MPP Kabupaten Cirebon: Tingkat Kunjungan Masih Rendah

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya, dalam sambutannya mengatakan, Adipura merupakan program nasional yang telah dilaksanakan sejak tahun 1986.

Yaitu penghargaan bagi kabupaten/kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan, serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Program Adipura bertujuan untuk mendorong kepemimpinan dan komitmen pemerintah kabupaten/kota, serta membangun partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat.

Agar, masyarakat berperan menyelaraskan pertumbuhan ekonomi hijau, fungsi sosial, dan fungsi ekologis dalam proses pembangunan, dengan menerapkan prinsip tata pemerintahan yang baik.

“Adipura ini akan membangun partisipasi aktif seluruh lapisan masyakat untuk berperan menyelaraskan pertumbuhan ekonomi hijau, fungsi sosial dan fungsi ekologis dalam pembangunan dengan menerapkan prinsip tata pemerintahan yang baik untuk mencapai kota berkelanjutan,” kata Siti Nurbaya.

Sementara itu, Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengatakan, program ini dapat terus diperkaya dengan ragam inovasi. Sehingga mampu menyesuaikan dinamika zaman serta perubahan arah kebijakan.

Dalam kesempatan tersebut, Ma’ruf Amin menekankan beberapa hal untuk mendorong pemerintah kabupaten/kota dalam mencapai target nasional.

Baca Juga:Warga Antre Beras Murah di Kabupaten Cirebon, Kepala DKP: Tekan Inflasi dan Harga Pangan Jelang RamadanLPPNU Cirebon Sulap Lahan Tandus Jadi Tanah Pertanian Produktif, Bupati Imron Bilang BeginiĀ 

Seperti target Kebijakan dan Strategi Nasional (Jakstranas) tahun 2025 dan zero sampah zero emisi pada tahun 2050.

Yakni pelibatan peran aktif masyarakat, sistem penanganan sampah, dan penyempurnaan program Adipura.

“Selamat kepada kepala daerah penerima penghargaan Adipura Tahun 2023. Saya harap penghargaan ini tidak menjadi akhir perjuangan saudara,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Indramayu Hj Nina Agustina usai menerima penghargaan mengatakan, diraihnya Adipura ini, sebagai pemantik untuk meningkatkan prestasi. Terutama dalam tata kelola lingkungan dan kebersihan di Kabupaten Indramayu.

0 Komentar