Ini Alur Bikin Laporan saat Barang Anda Tertinggal di Kereta Api

kembalikan-barang-penumpang
Petugas KA di Daop 3 Cirebon menyerahkan barang milik penumpang yang tertinggal di kereta api. Foto: Ade Gustiana/Radar Cirebon.
0 Komentar

Jika ada laporan barang tertinggal, jelas Ayep, petugas kereta api akan melakukan koordinasi dan pencarian. Jika saat itu juga ditemukan, langsung diserahkan kepada pelapor.

Namun jika tak kunjung ketemu akan dilakukan konfirmasi melalui telepon kepada pelapor terkait perkembangan penanganan barang tertinggal yang dilaporkan itu.

“Proses penyerahan barang tertinggal wajib menunjukkan kartu identitas untuk verifikasi kepemilikan barang,” tukasnya.

Baca Juga:Mohon Doanya, Mahasiswi Cirebon Terdampak Gempa TurkiGM Radar Cirebon Jadi Pembicara pada Konvensi Nasional Media di Medan

Penemuan barang di lingkungan stasiun langsung diumumkan melalui pengeras suara. Jika tak ada respons dari calon penumpang, barang itu akan dimasukan pada pendataan sistem Lost and Found KAI tadi. Bertujuan untuk mempermudah dalam pelacakan barang hilang sesuai ciri maupun spesifikasi.

Data pada sistem tersebut dapat diakses oleh seluruh wilayah kerja kereta api. Jadi, siapapun yang merasa kehilangan barang dapat melaporkan barang yang hilang di seluruh stasiun.

“Seluruh barang bawaan merupakan tanggung jawab pelanggan. Namun untuk memberikan layanan maksimal petugas keamanan akan selalu berupaya membantu mengamankan barang tertinggal yang masih ada di atas kereta api atau stasiun,” ucap Ayep.

Ia mengimbau para pengguna KA untuk selalu menjaga dan memperhatikan barang bawaan. Baik di lingkungan stasiun maupun selama dalam perjalanan. Penumpang juga disarankan tak membawa barang bawaan berlebih. Jika dirasa perlu membawa barang dalam jumlah banyak, masyarakat dapat memanfaatkan jasa kargo atau pengiriman paket.

Ini Alur Bikin Laporan saat Barang Anda Tertinggal di Kereta Api

Ayep berbagi tips saat barang tertinggal di kereta api. Pertama harus tetap tenang. Jangan panik. Mengingat-ingat lokasi terakhir barang terlihat.

Kemudian membuat laporan pada petugas customer service on station, petugas keamanan atau kunjungi bagian Lost and Found. Calon penumpang bisa menghubungi kontak center 121 melalui telepon 121, WA 0811-1211-1121 atau Direct Message Twitter/Facebook KAI121.

0 Komentar