Kabar Gembira! Inilah Bansos Cair Jelang Ramadhan Ini, Cek Segera, Begini Caranya

Inilah Bansos Cair Jelang Ramadhan Ini
Inilah Bansos Cair Jelang Ramadhan Ini,
0 Komentar

RADARCIREBON.ID – Kabar gembira bagi masyarakat Indonesia. Jelang Ramadhan ini, pemerintah akan kembali cairkan bansos (bantuan sosial).

Pemerintah berkomitmen menyalurkan bansos yang diperuntukkan bagi keluarga penerima manfaat (KPM) pada bulan Maret 2024 dan bertepatan dengan awal Ramadhan.

Tujuh jenis bansos yang pada bulan jelang Ramadhan ini yakni terdiri 4 bantuan tunai dan 3 bantuan non tunai.

Baca Juga:Tiga Napi Terorisme Ikar Setia NKRIĀ Berikut Pilihan Paket Khusus Umroh untuk Pelanggan XL Prabayar, Nyaman Selama Beribadah, Anda Pilih Paket Mana

Dari sejumlah Bansos itu, bantuan BLT mitigasi risiko pangan yang sebelumnya ditunda lantaran Pemilu 2024, kini kembali dicairkan. 

Dengan demikian, KPM yang mendapatkan bantuan BPNT dan PKH juga akan mendapatkan bantuan BLT mitigasi risiko pangan.

Selain bantuan itu, ada BLT Dana Desa yang turut cair dalam bulan Maret 2024 ini.

BLT Dana Desa diberikan sebesar Rp300 ribu perbulan atau berbeda-beda di setiap wilayah.

BLT dana desa ini akan cair sepanjang tahun di setiap bulannya dengan total setahun sebesar Rp 3,6 juta. 

Di samping itu, ada bantuan CPB (Cadangan Pangan Beras), Bantuan Telur dan Daging Ayam, dan Bantuan Permakanan (Untuk Lansia dan Disabilitas Tunggal).

Terkait BLT Mitigasi Risiko Pangan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan BLT tersebut diperuntukkan untuk 18,8 juta orang. 

Baca Juga:Dosen IAIN Syekh Nurjati Kenalkan Naskah dan Pemikiran Pemikir Cirebon dan Sunda di Forum InternasionalXL Axiata – Huawei Kerja Sama Strategis Pemanfaatan Artificial Intelligence

“Ada bantuan pangan beras sampai bulan Juni. Dan bantuan langsung dengan bantuan langsung tunai dengan judul bantuan mitigasi risiko bencana,” tuturnya kepada wartawan. 

Menurut Airlangga, program tersebut menggantikan program BLT El Nino yang kemarin diberikan di akhir tahun 2023. 

Dikutip dari laman Sekretariat Presiden, Jokowi menekankan bahwa Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino merupakan bantuan khusus bagi penerima manfaat yang terdampak kekeringan. 

Jokowi pun menekankan bahwa BLT El Nino diberikan oleh pemerintah guna membantu masyarakat dalam menghadapi kenaikan harga akibat musim kemarau panjang.

Jokowi juga memastikan jika bantuan pangan CBP sejumlah 10 kilogram untuk setiap penerima manfaat telah tersalurkan.  

– Masukkan nama provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan 

– Masukkan nama PM (Penerima Manfaat) sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Masukkan empat huruf kode sesuai yang tertera dalam kotak kode Apabila kode huruf kurang jelas, klik “refresh” untuk mendapatkan kode baru 

0 Komentar