Makam Keramat Situs Dalem Lumaju di Maja Dirusak Orang

MAJALENGKA.RADARCIREBON.ID– Warga Desa Maja Selatan, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka geger dengan aksi perusakan Makam Keramat Situs Dalem Lumaju pada Senin, 16 Januari 2023. Sampai Selasa 17 Januari ini pelakunya masih belum diketahui.

Penikmat sejarah sekaligus Ketua Grup Madjalengka Baheula (Grumala), Nana Rohmana mengatakan, perusakan situs bersejarah itu terjadi pada, Minggu 15 Januari. Pelaku merusak pada bagian makam dan pintunya.

Naro sapaan akrab Nana Rohmana menduga, pelaku terlebih dahulu membobol pintu utama makam. Pasalnya, pintu makam tersebut rusak seperti dibuka paksa.

Kemudian pelaku juga mencabut batu nisan dan menghancurkan sebagian batu bata yang mengelilingi makam tersebut. Belum diketahui motivasi pelaku melakukan aksi perusakan itu.

BACA JUGA: Ratusan Kepala Desa di Majalengka Berangkat ke Jakarta, Hari Ini Gelar Aksi di Gedung DPR RI

BACA JUGA: Awas! Sumber Air Hangat dan Berasa Manis di Desa Payung Rajagaluh Berbahaya, Hasil Uji Laboratorium Dinkes Majalengka     

“Awal informasi saya dapat dari temen-temen Grumala. Situs itu mengalami kerusakan di bagian makamnya. Yang dirusak batu nisannya,” tutur Naro.

Kerusakan lainnya yakni pintu utama kamar makam. Situs yang dirusak itu merupakan makam Mbah Lumaju Agung Maja, tokoh penyebar agama Islam di wilayah Maja . (ono)

 

 

Komentar