Mau Dapat Bantuan Sosial? Cek Link Bansos 2023 Berikut Ini

CIREBON, RadarCirebon.id – Link bantuan sosial atau bansos dari pemerintah bisa diakses. Link bansos tersebut mulai bulan Januari tahun 2023.

Bansos di tahun 2023, pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial atau Kemensos RI masih menyalurkan bantuan kepada masyarakat.

Bansos yang diberikan sebenarnya sudah tersalurkan sejak pandemi Covid-19. Untuk penyalurannya, Kemensos bekerja sama dengan pemerintah daerah.

Nama-nama penerima bansos juga sudah dinput pemerintah. Bagi yang merasa sudah mendaftarkan namanya sesuai dengan identitas pribadi, akan mendapatkan informasi dari pihak terkait.

BACA JUGA:

Kolam Renang Villa Ciboer Pass Majalengka Unyu unyu

Penerima bansos akan tahu untuk jenis bantuan yang diberikan. Setidaknya ada 5 bansos yang tetap akan disalurkan pemerintah mulai bulan Januari tahun 2023.

 

1.Bantuan Program Keluarga Harapan (PHK)

Target kuota penerima bantuan ini adalah 10 juta keluarga. Proses verifikasi data sebenarnya telah berlangsung sejak akhir tahun 2022.

Hal itu dilakukan untuk memperbarui status penerima bantuan.

Karena ada keluarga yang sudah tidak lagi dalam golongan kurang mampu alias sudah mempunyai harta yang cukup, anggota keluarga yang sudah meninggal, diterima sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), menjadi anggota TNI atau Polri, Pegawai pemerintahan dan sebagainya.

BACA JUGA:

Seminar Nasional FISIP Universitas Majalengka Hadirkan Narasumber Mantan Wakil Ketua DPR RI, Bahas Pemilu

2.Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

BNPT termasuk jenis bantuan dana pemenuhan sembako senilai 200.000 Rupiah per bulan.

Target penerima di seluruh Indonesia mencapai 18,8 juta orang. Cara penyalurannya bervariasi, ada melalui PT Pos Indonesia, Kartu KKS dan Bank penyalur.

 

3.Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP)

PIP adalah salah satu program bansos utama sejak Presiden Joko Widodo terpilih di tahun 2014.

Hingga saat ini, bantuan itu masih terus disalurkan dengan target siswa dan siswi tingkat SD hingga SMA sederajat.

Untuk SD bantuan dana diberikan berkisar 450.000 Rupiah. SMP sekitar 750.000 Rupiah dan SMA atau SMK senilai 1.000.000 Rupiah.

BACA JUGA:

Kasus HIV/AIDS di Cirebon Didominasi Seks Sesama Lelaki, Ini Angkanya

4.Bantuan PIP Kementerian Agama

Jika PIP sebelumnya ditargetkan bagi siswa dan siswi sekolah negeri atau umum, maka bansos ini ditargetkan kepada lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama.

Komentar