Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Segera Dibuka

RADARCIREBON.ID – Kementerian Agama segera akan membuka penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau PTKIN tahun akademik 2023. Direncanakan Menteri Agama akan merilis program tersebut di Surabaya, pada Jumar 20 Januari 2023.

“Secara resmi, besok pada 20 Januari 2023 seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTKIN akan dibuka oleh Bapak Menteri Agama,” ujar Ketua Panitia Nasional penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri , Imam Taufiq, di Surabaya, Kamis 19 Januari 2023.

Dikatakan ImamTaufiq, penyelenggaraan Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) terbuka untuk peserta disabilitas.

Siswa dengan kebutuhan khusus dapat mengikuti SPAN dan UMPTKIN. Pihaknya menyediakan mode tes yang ramah dan memungkinkan bagi siswa difabel.

Menurut Imam, ada dua jenis seleksi yang dibuka, yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN).

Baca Juga:

Nama Lain Al Quran Sesuai Fungsinya, Ini Penjelasannya

SPAN PTKIN adalah seleksi nasional calon mahasiswa baru PTKIN berdasarkan prestasi akademik. Peserta SPAN PTKIN adalah siswa sekolah/madrasah/pontren yang akan lulus pada tahun 2023.

Tahapan SPAN PTKIN meliput pendaftaran sekolah/madrasah/pondok pesantren pada tanggal 17 Januari – 13 Februari 2023, dan pendaftaran siswa  pada tanggal 16 Februari – 4 Maret 2023.

Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 3 April 2023. Seluruh proses pendaftaran dan pengumuman dilakukan secara online melalui laman https://span.ptkin.ac.id dan tidak dikenakan biaya alias gratis.

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau UMPTKIN adalah seleksi calon mahasiswa baru PTKIN melalui tes yang dilaksanakan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang dipilih. Peserta UMPTKIN adalah siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023, dan untuk pendaftaran UMPTKIN dikenakan biaya.

Baca Juga:

Berburu 5 Camilan Jadul Asli Kuningan

Imam Taufiq yang juga Rektor Universitas Islam Negeri Walisongo, menyampaikan bahwa tahun ini terdapat 59 PTKIN yang menyelenggaraan UMPTKIN, terdiri atas 30 Universitas, 24 IAIN, dan 5 STAIN. Kalau pada 2022 dilaksanakan secara online, tes UMPTKIN 2023 dilaksanakan di PTKIN yang dipilih peserta. Pihaknya berharap bisa mendapatkan mahasiswa baru terbaik yang dapat memajukan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. (*)

Komentar