Spesifikasi Honda S 90 Motor Pertama yang Dirakit di Indonesia !!

SPESIFIKASI HONDA S90 YANG ZAMAN SEKARANG DI SUKAI
SPESIFIKASI HONDA S90 YANG ZAMAN SEKARANG DI SUKAI
0 Komentar

RADARCIREBON.ID  – Honda S 90 merupakan sepeda motor pertama yang dirakit di Indonesia pada tahun 1971 oleh Federal Motor yang merupakan embrio PT Astra Honda Motor (AHM). Produksi pertama kali dimulai pada 1971 hingga 1975. Pada tahun pertamanya motor tersebut diproduksi sebanyak 1.500 unit.

merupakan salah satu penguasa pasar otomotif roda dua di Indonesia. Banyak motor merek Honda yang sangat laris di serbu konsumen Tanah Air, mulai model motor sport, skuter otomatis, hingga motor bebek. Motor merek Honda banyak di pilih karena kuda besi buatan pabrikan asal Jepang itu dikenal awet, irit, punya mesin bandel, dan memiliki harga jual kembali yang tinggi.

Antara S90 dan S90Z sebetulnya tidak memiliki perbedaan signifikan. Perbedaan lebih kepada detail-detail kecil, namun memberikan kesan berbeda pada motor tersebut. Perbedaan pertama ada pada bentuk lampu. Lampu pada S90 dibuat menyatu dengan speedometer, sedangkan S90Z dirancang terpisah.

Baca Juga:9 Manfaat Terong Ungu Bagi Kesehatan Dan Resikonya !!Rekomendasi Mobil Remote Control Anak-Anak Suka !!

Lalu bentuk tangki S90Z yang terlihat lebih agresif, tidak lagi di lapis karet dan pelat, melainkan memakai pelat krom secara keseluruhan. Sedangkan rangka motor model S90Z ini menggunakan konsep yang sama yaitu underbone.

Selama dipasarkan di Tanah Air, motor ini hadir dengan berbagai pilihan warna. Tapi yang mudah ditemukan sampai sekarang merah dan biru. Pilihan warna ini menandakan merah dan biru paling banyak di produksi saat itu.

Untuk varian warna masih pada S90 dan S90Z yakni hitam dan putih. Tapi pilihan warna tersebut tergolong langka dan jarang di temukan saat ini.  Honda sendiri pertama kali menyasar pasar Indonesia dengan membawa sepeda motor model sport Honda S90 (di Indonesia dikenal dengan model S90Z). Motor yang juga sering di sebut dengan Honda Sport 90 atau Honda Super 90 ini pertama kali dibawa pabrikan berlogo sayap mengepak ke Indonesia pada tahun 1970 melalui PT Federal Motor dalam bentuk CBU (completely build up).

Kemudian, di tahun 1971, Honda S90 mulai di kirimkan dalam bentuk bagian-bagian yang terpisah sehingga perakitan di lakukan di Indonesia. Di awal peluncurannya, kiprah Honda S90 di Indonesia memang tidak bisa dibilang sukses. Motor ini hanya terjual sebanyak 1.500 unit saja sepanjang tahun. Bandingkan dengan angka penjualan motor Honda pada tahun 2013 lalu yang menyentuh angka 4 jutaan unit.

0 Komentar