TikTok Shop Indonesia Segera ‘Comeback’ Usai Kucurkan Dana Rp24 Triliun ke Tokopedia

TikTok Shop Indonesia akan segera kembali.
TikTok Shop Indonesia akan segera kembali. FOTO: Forbes - Radarcirebon.id
0 Komentar

RADARCIREBON.ID – Kabar kembalinya fitur layanan belanja TikTok Shop di Indonesia bukanlah isapan jempol belaka. Sejak resmi diblokir oleh pemerintah pada 4 Oktober 2023 lalu, praktis platform entertaiment itu harus menutup fitur belanja di aplikasi mereka.

Terbaru, TikTok Shop akan segera ‘comeback’ di Indonesia setelah secara resmi menyepakati kerja sama strategis dengan perusahaan ekosistem digital terbesar di Indonesia, Gojek Tokopedia (GOTO).

Untuk menghadirkan kembali layanan TikTok Shop di Indonesia, TikTok akan mengucurkan dana investasi senilai US$1,5 miliar atau setara dengan Rp. 24,32 Triliun ke salah satu perusahaan di bawah naungan GOTO yakni, Tokopedia.

Baca Juga:Jelang Kontra Persik Kediri, Bojan Hodak dan Nick Kuipers Kompak Sebut Laga yang Tidak Mudah7 Tips Memilih Furnitur yang Cocok Untuk Rumah Anda

Meski akan mengucurkan dana investasi yang fantastis, TikTok tidak akan mengakibatkan dilusi kepemilikan GOTO di Tokopedia.

“TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar, sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia,” tulis TikTok dan GOTO dalam keterangan tertulis bersama.

Sementara itu, pengelolaan bisnis TikTok Shop Indonesia nantinya akan dikombinasikan dengan bisnis Tokopedia yang akan dikelola oleh perusahaan milik GOTO, Tokopedia.

Meski pengelolaan itu diserahkan kepada salah satu perusahaan milik GOTO, namun TikTok sendiri diberikan kewenangan untuk bisa mengendalikan PT. Tokopedia.

“Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia,” ungkapnya.

Dari kesepakatan kerja sama itu, fitur layanan belanja yang ada di dalam aplikasi TikTok di Indonesia nantinya akan dioperasikan dan dikelola oleh Tokopedia.

“Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia,” sambungnya.

Baca Juga:7 Tanaman Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui, Letakkan di Area Rumah Ini!7 Rekomendasi Tempat Wisata di Majalengka yang Wajib DIkunjungi Saat Libur Tahun Baru

Rencananya, TikTok Shop akan mulai diuji coba di Indonesia dengan program kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember 2023 atau bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

“Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember 2023 bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas),” ungkapnya.

Selama masa periode uji coba ini TikTok Shop akan selalu terus berkonsultasi dan diawasi oleh pemerintah melalui kementrian dan lembaga terkait.

0 Komentar