Cegah Stunting, Tim Gesit Lohbener Adakan Pelatihan Pengolahan Daun Kelor

daun-kelor
Tim Gesit Kecamatan Lohbener Indramayu menggelar pelatihan pengolahan daun kelor untuk cegah stunting. Foto: Kholil Ibrahim/Radarcirebon.id
0 Komentar

INDRAMAYU, RADARCIREBON.ID – Daun kelor memiliki sejumlah manfaat, salah satunya adalah bisa mencegah stunting jika dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil dan menyusui.

Untuk itu, Tim Gerakan Penurunan Stunting Indramayu Terpadu (Gesit) Kecamatan Lohbener Kabupaten Indramayu mendorong ibu rumah tangga serta ibu hamil agar memanfaatkan daun kelor untuk mencegah  stunting.

Sebab daun kelor dipercaya memiliki kandungan gizi yang tinggi, sehingga mampu memenuhi kebutuhan gizi balita. Agar terhindar dari kondisi gagal pertumbuhan atau stunting tubuh dan otak anak akibat kekurangan gizi.

Baca Juga:Jadwal Sholat untuk Kabupaten Indramayu, Selasa 21 Februari 2023Jadwal Sholat untuk Kabupaten Cirebon, Selasa 21 Februari 2023

Oleh sebab itu, tim Gesit Kecamatan Lohbener memiliki terobosan baru, yakni mengadakan pelatihan pengolahan daun kelor menjadi bahan makanan dan minuman.

Pelatihan menggandeng kader Posyandu, TP PKK, Puskesmas, PLKB serta Pemdes  bersamaan dengan kegiatan bulan timbang dan pemberian vitamin A untuk bayi dan balita.

Bertempat di Posyandu Flamboyan, kegiatan pelatihan pengolahan daun kelor untuk cetah stunting dimonitor langsung Camat Lohbener, Drs Edy Wahyono, kemarin.

Dalam kunjungan tersebut, mantan sekretaris Camat Bongas dan Gantar itu turut memberikan materi penyuluhan 1000 hari kehidupan kepada ibu hamil dan upaya mencetah stunting.

Kemudian mengenai pentingnya pemahaman tentang bahaya stunting dengan mencegahnya melalui konsumsi makanan bergizi dan berprotein.

Menurut Camat Edy, untuk mencegah stunting, bulan timbang dan pemberian vitamin A ini sangat penting dilaksanakan karena semua bayi dan balita dapat terpantau status gizinya.

“Jika terindikasi mengalami gizi kurang atau gizi buruk dan stunting, maka bisa segera dilakukan intervensi untuk mencegah dampak buruk lanjutan,” terang dia.

Baca Juga:Jadwal Sholat untuk Kota Cirebon, Selasa 21 Februari 2023Polres Indramayu Ringkus Komplotan Curanmor Lintas Daerah, Beraksi di 13 TKP 

Camat Edy juga mengapresiasi kegiatan pelatihan cara pengolahan daun kelor yang baik dan benar. Sebab ungkap dia, kelor atau Moringa Oleifer merupakan tanaman sayuran yang kaya akan manfaat bagi tubuh.

Dijelaskannya, daun kelor mengandung protein yang dua kali lebih banyak dari yogurt, kandungan potasium yang tiga kali lebih banyak dari pisang, dan kandungan vitamin A empat kali lebih banyak dari wortel.

0 Komentar