Embarkasi Haji Indramayu Bakal Dibuka 2023, Lohbener Bersiap Jadi Pusat Oleh-oleh Haji

 LOHBNER- Embarkasi Haji Indramayu rencananya bakal dibuka pada musim haji tahun 2023 ini.

Embarkasi Haji Indramayu yang berlokasi di jalan raya pantura Kecamatan Lohbener, tepatnya di Desa Legok itu difungsikan sebagai persinggahan calon jamaah haji, khususnya masyarakat di wilayah timur Provinsi Jawa Barat.

Sebelum mereka diterbangkan menuju tanah suci lewat Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, calon jamaah haji beristirahat di Embarkasi Haji Indramayu.

Sebagai informasi, pada bulan Mei 2023 kloter pertama Jawa Barat akan berangkat dari Embarkasi Haji Indramayu.

BACA JUGATingkatkan Sinergitas dengan Kalangan Pendidikan, Bupati Nina Kunjungi STAIS Padhaku Segeran

Tak hanya itu, di atas 13 hektare lahan tanah hibah dari Pemkab Indramayu tersebut, akan dibangun pula museum haji, rumah sakit dan juga mockup pesawat.

Serta tempat manasik yang dapat digunakan calon jamaah haji maupun anak-anak pelajar. Sehingga keberadaan Embarkasi Haji Indramayu tidak semata-mata untuk mendukung kelancaran ibadah haji.

Tapi juga menjadi ikon wisata religi dan pusat pendidikan agama di Kota Mangga.

“Adanya Embarkasi Haji Indramayu ini pastinya memiliki multiplier effect terhadap perekonomian masyarakat sekitar khususnya di Kecamatan Lohbener,” terang Camat Lohbener, Drs H Edy Wahyono.

BACA JUGA: Masa Tunggu Haji Masih Lama, Umat Muslim Indramayu Pilih Umroh

Sehingga, pihaknya akan melakukan optimalisasi pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu program unggulan Pemerintah Kecamatan Lohbener di tahun 2023 ini.

Dijelaskan Edy, upaya ini dilakukan sebagai persiapan menjadikan Kecamatan Lohbener menjadi pusat oleh-oleh haji maupun umroh, seiring rencana pembukaan Embarkasi Haji Indramayu pada musim haji 2023.

Karena itu, ungkapnya, pada tahun 2023 ini, Pemcam Lohbener mempunyai program unggulan yakni menjadikan Kecamatan Lohbener sebagai pusat oleh-oleh haji maupun umroh.

Strategi yang dilakukan diantaranya mengoptimalkan pemberdayaan ekonomi kemasyarakatan berbasis pada UMKM.

Dengan menggenjot berbagai kegiatan pelatihan. Mulai dari proses pengolahan, labelisasi, pengemasan, perijinan industri rumah tangga, OSS sampai sertifikasi halal.

BACA JUGAHarga Pakan Mahal, Peternak Unggas Gunakan Alternatif

“Sehingga kedepannya UMKM yang ada di kita ini mampu memproduksi bermacam oleh-oleh haji khas dari Kecamatan Lohbener. Berpotensi mengangkat ikon Indramayu sebagai Kota Mangga dan produk halal,” jelasnya.

Komentar