Lengkap! Komunikasi Organisasi: Pengertian, Teori, Fungsi, Jenis, Konsep dan Juga Manfaatnya

Lengkap! Komunikasi Organisasi: Pengertian, Teori, Fungsi, Jenis, Konsep dan Juga Manfaatnya
Lengkap! Komunikasi Organisasi: Pengertian, Teori, Fungsi, Jenis, Konsep dan Juga Manfaatnya. foto: wixcom - radarcirebon.id
0 Komentar

CIREBON, RADARCIREBON.ID – Apa itu Komunikasi Organisasi? artikel ini akan membahas dengan lengkap pengertian,teori, fungsi, konsep, jenis dan juga manfaat Komunikasi Organisasi.

Di dalam sebuah organisasi, yang terdiri dari beberapa orang dengan latar belakang yang berbeda-beda, tentunya perlu adanya Komunikasi Organisasi yang seimbang.

Bukan hanya itu, sebagai makhluk sosial tentunya kita memerlukan keterampilan dalam berkomunikasi, apalagi ketika kita bergabung dalam sebuah Organisasi.

Baca Juga:7 Keutamaan Khatam Al-Qur’an di Bulan RamadhanBerbagai Contoh Surat Undangan Rapat Bahasa Inggris Lengkap dan Simple

Komunikasi yang seimbang akan membuat kita dekat dengan satu sama lainnya, sehingga memudahkan kita untuk mencapai tujuan bersama dalam sebuah organisasi.

Bisa dikatakan, komunikasi ini merupakan sebuah nafas bagi organisasi, karena tanpa adanya komunikasi antar anggota, maka organisasi tidak dapat berjalan.

Untuk itu mari kita bahas bersama dalam artikel ini tentang apa itu Komunikasi Organisasi.

Pengertian Komunikasi Organisasi

Komunikasi Organuisasi Menurut Katz dan Robert Kahn “komunikasi organisasi merupakan arus pertukaran informasi dan simbol/makna dari individu ke individu lain ataupun individu ke kelompok dalam suatu organisasi.”

Dari pengertian diatas dapat kita lihat bahwa, untuk menjalankan keaktifan juga keefektifan suatu organisasi tentunya memerlukan adanya arus pertukaran informasi antara satu anggota dengan anggota lainnya, yakni dengan adanya komunikasi organisasi.

Ada juga Menurut Goldhaber ‘suatu komunikasi organisasi adalah proses penciptaan dan saling tukar menukar pesan dalam satu jaringan hubungan. Ketergantungan antara satu sama lain dalam mengatasi lingkungan yang tidak pasti atau lingkungan yang berubah-ubah.’

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa komunikasi organisasi adalah proses yang kerap terjadi dan muncul dalam sebuah organisasi yang berbentuk penyampaian, penerimaan hingga pertukaran informasi antar satu orang dengan lainnya, sehingga dapat sehingga dapat mencapai suatu tujuan tertentu.

Teori-teori Komunikasi Organisasi

1. Teori Struktural Klasik

Baca Juga:4 Contoh Surat Undangan Bahasa Inggris yang Baik dan BenarLengkap! Contoh Undangan Pernikahan Bahasa Inggris yang Cantik dengan Quotes Menarik dan Artinya

Teori struktural klasik berkembang sejak tahun 1800-an, dan dapat disebut sebagai teori mesin.

0 Komentar