Lengkap! Komunikasi Organisasi: Pengertian, Teori, Fungsi, Jenis, Konsep dan Juga Manfaatnya

Lengkap! Komunikasi Organisasi: Pengertian, Teori, Fungsi, Jenis, Konsep dan Juga Manfaatnya
Lengkap! Komunikasi Organisasi: Pengertian, Teori, Fungsi, Jenis, Konsep dan Juga Manfaatnya. foto: wixcom - radarcirebon.id
0 Komentar

Teori ini menjelaskan bahwa organisasi digambarkan sebagai sebuah lembaga yang sentral akan tugas – tugasnya serta memberikan petunjuk mekanis strukturalnya yang bersifat kaku, monoton dan tanpa inovatif.

Terdapat empat kondisi pokok dari teori ini, yaitu kekuasaan, saling melayani, doktrin dan disiplin.

2. Teori Neoklasik atau Hubungan Manusia

Teori ini diperkenalkan oleh Elton Mayo dan muncul karena adanya ketidakpuasan dengan teori klasik atau teori mesin.

Baca Juga:7 Keutamaan Khatam Al-Qur’an di Bulan RamadhanBerbagai Contoh Surat Undangan Rapat Bahasa Inggris Lengkap dan Simple

Teori neo klasik mengacu pada pentingnya aspek psikologis serta sosial karyawan sebagai seorang individu atau kelompok kerja.

Teori ini telah “difasihkan” melalui percobaan yang dilakukan oleh Elton di pabrik Hawthorne pada tahun 1924.

Hasil percobaan tersebut memperoleh kesimpulan bahwa penting memperhatikan upah insentif serta kondisi kerja karyawan untuk meningkatkan produktivitas kerja.

3. Teori Fusi

Teori ini diperkenalkan oleh Bakke dan pada tahun 1957 Argyris menyempurnakan pendapat Bakke, teori ini tentang kepuasan minat manusia yang berbeda-beda.

Teori fusi berawal dari kesadaran Bakke pada tahun 1950 mengenai kesadaran mengenai kepuasan minat manusia yang berbeda-beda dalam suatu birokrasi maupun organisasi.

Setiap jabatan yang dimiliki oleh pegawai menunjukan keunikan serta memiliki ciri khas masing – masing organisasinya, sehingga dapat dimodifikasi sesuai dengan minat dan bakat khusus pegawai atau individu tersebut.

4. Teori Peniti Penyambung (The Linking Pin Model)

Teori ini dikembangkan oleh Renis Likert yang menggambarkan mengenai struktur organisasi yang saling berkaitan dengan beberapa kelompok.

Baca Juga:4 Contoh Surat Undangan Bahasa Inggris yang Baik dan BenarLengkap! Contoh Undangan Pernikahan Bahasa Inggris yang Cantik dengan Quotes Menarik dan Artinya

Dalam teori ini Likert menjelaskan bahwa terdapat penyelia yaitu anggota dari dua organisasi atau kelompok tersebut ( pemimpin unit rendah serta pemimpin unit tinggi).

Penyelia yang disebutkan oleh Likert memiliki fungsi sebagai penyambung atau seseorang yang mengikat kelompok kerja satu dengan lainnya pada tahap atau tingkat berikutnya.

0 Komentar