RADARCIREBON.ID- Adanya wali merupakan salah satu rukun nikah. Lalu, apakah boleh ayah tiri menjadi wali nikah?
Wali nikah sendiri mempunyai kewenangan untuk menikahkan anak perempuannya.
Nah, dalam beberapa kejadian, seringkali ditemui seorang anak perempuan hidup bersama dengan ayah tirinya.
Artinya, ibunya telah menikah lagi dengan suami baru yang tiada lain adalah ayah tiri dari seorang anak perempuan tersebut.
Baca Juga:Diduga Gelapkan Uang Tabungan Siswa, Wali Murid Laporkan Mantan Kepala Sekolah ke Polresta CirebonĀ Sulap Lahan Kosong, DPRD Kabupaten Cirebon Hadirkan Taman Terbuka yang Menyegarkan
Ayah tiri ini terkadang merasa lebih berhak menjadi wali dari anak perempuan tersebut.
Alasannya karena ayah tiri ini telah merawatnya dari kecil hingga dewasa.
Namun pertanyaannya kemudian adalah bolehkah ayah tiri menjadi wali nikah dari anak perempuan tersebut?
Mengenai hal ini, syariat Islam telah menentukan orang yang berhak menjadi wali.
Secara garis besar, wali yang berhak menikahkan seorang perempuan adalah mereka yang memiliki garis hubungan darah dengan perempuan tersebut.
Urutan prioritas wali yang berhak menikahkan seorang perempuan, dijelaskan oleh Imam Abu Suja’ dalam Matan al-Ghâyah wa Taqrîb (Surabaya, Al-Hidayah: 2000), halaman 31, sebagai berikut:
ŁŲ£ŁŁŁ Ų§ŁŁŁŲ§Ų© Ų§ŁŲ£ŲØ Ų«Ł Ų§ŁŲ¬ŲÆ Ų£ŲØŁ Ų§ŁŲ£ŲØ Ų«Ł Ų§ŁŲ£Ų® ŁŁŲ£ŲØ ŁŲ§ŁŲ£Ł Ų«Ł Ų§ŁŲ£Ų® ŁŁŲ£ŲØ Ų«Ł Ų§ŲØŁ Ų§ŁŲ£Ų® ŁŁŲ£ŲØ ŁŲ§ŁŲ£Ł Ų«Ł Ų§ŲØŁ Ų§ŁŲ£Ų® ŁŁŲ£ŲØ Ų«Ł Ų§ŁŲ¹Ł Ų«Ł Ų§ŲØŁŁ Ų¹ŁŁ ŁŲ°Ų§ Ų§ŁŲŖŲ±ŲŖŁŲØ ŁŲ„Ų°Ų§ Ų¹ŲÆŁ ŲŖ Ų§ŁŲ¹ŲµŲØŲ§ŲŖ ŁŲ§ŁŲŲ§ŁŁ
“Wali paling utama ialah ayah, kakek (ayahnya ayah), saudara lelaki seayah seibu (kandung), saudara lelaki seayah, anak lelaki saudara lelaki seayah seibu (kandung), anak lelaki saudara lelaki seayah, paman dari pihak ayah, dan anak lelaki paman dari pihak ayah. Demikianlah urutannya. Apabila tidak ada waris ‘ashabah, maka (walinya adalah) hakim.”
Baca Juga:Awal Puasa Ramadhan 2024 Bahkan Ada yang sebelum 11 Maret, Kamu yang Mana?Sejak Kapan Ada Sidang Isbat dan Mengapa Dipertahankan sampai Kini? Simak Penjelasan Kemenag
Dalam syariat Islam, keberadaan ayah tiri ini sama sekali tidak dipertimbangkan menjadi wali nikah, karena ia tidak disebutkan dalam daftar urutan prioritas wali nikah.
Namun demikian, ada peluang seorang ayah tiri menjadi wali nikah, yakni dengan cara mewakilan (tawkil), artinya wali asli dari perempuan tersebut mewakilkan perwalian pernikahan kepadanya.
Hal ini sebagaimana penjelasan Abu Hasan Ali al-Mawardi dalam kitab al-Hawi al-Kabir (Beirut, Dar al-Kutub al-Ilmiyyah: 1999), juz IX, hal. 113:
ŁŁŲ£ŁŁ ŁŁŲ§ ŲŖŁŁŁŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁŲ§ ŁŁŲ¬ŁŁŲ²Ł Ų£ŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁ Ų„ŁŁŁŁŲ§ Ł ŁŁŁ ŁŁŲµŁŲŁŁ Ų£ŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŁŲ§ ŁŁŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁ Ų£ŁŁŁ ŁŁŁŁŁŁŁ Ų°ŁŁŁŲ±ŁŲ§ ŲØŲ§ŁŲŗŲ§Ł ŲŲ±Ų§Ł Ł Ų³ŁŁ Ų§Ł Ų±Ų“ŁŲÆŲ§Ł ŁŲ„Ų°Ų§ Ų§Ų¬ŲŖŁ Ų¹ŲŖ ŁŁŲ°ŁŁŁ Ų§ŁŁŲ£ŁŁŁŲµŁŲ§ŁŁ ŲµŁŲŁŁ ŲŖŁŁŁŁŁŁŁŁŁŁ
“Adapun mewakilkan perwalian, hal tersebut tidak diperbolehkan kecuali seseorang yang memenuhi persyaratan yakni: lelaki, baligh, merdeka, muslim, dan pintar. Jika syarat tersebut terkumpul maka sah mewakilannya.”