RADARCIREBON.ID – Wanita pada umumnya memiliki pilihan masing-masing saat memilih skincare. Selain manfaat, kandungan juga menjadi salah satu pertimbangan. Kandungan vitamin C dalam skincare ternyata paling dibutuhkan untuk menjadikan wajah glowing.
Jakpat melakukan survei untuk mengetahui kebiasaan orang-orang dalam pemakaian produk makeup dan skincare hingga mengidentifikasi merek produk apa saja yang sering digunakan di tahun 2023.
Laporan yang melibatkan lebih dari 2.000 responden ini membahas tiga bagian, yaitu tren makeup dengan seluruh responden perempuan, lalu tren skincare dan pembelian produk kecantikan dengan responden perempuan dan laki-laki.
Baca Juga:Tren 2024, Kenali 6 Lipstik REVLON, Cocok untuk Wanita EnerjikHasil Malaysia Open 2024: Wakil Terakhir Indonesia Fajar/Rian Kalah
Sebanyak 74% responden mengakui jika merek lokal menarik perhatian mereka dalam 6 bulan terakhir.
Dibandingkan dengan merek asing, 73% pengguna produk skincare mengakui jika produk skincare lokal lebih cocok dengan kondisi kulit mereka.
Produk Vitamin C Laris Manis
Pada kandungan produk, vitamin C masih menjadi bahan perawatan kulit yang paling populer. Lebih dari separuh responden mengklaim bahwa produk perawatan kulit mereka mengandung vitamin C.
Selain itu, niacinamide dan salicylic acid menjadi kandungan skincare teratas yang paling tenar. Halal, bebas alkohol, dan uji dermatologis adalah klaim perawatan kulit yang dianggap paling penting oleh sebagian besar responden.
Wanita cenderung lebih mempertimbangkan klaim skincare ini daripada pria.
Pembelian Produk Kecantikan
E-commerce menjadi tempat teratas pembelian makeup dan skincare secara online, selain media sosial dan website resmi.
Sedangkan, pembelian makeup secara offline toko kosmetik memimpin dengan 51%, minimarket/supermarket dengan 37%, department store 15%, dan sales 10%.
Lalu, pembelian skincare secara offline lebih banyak membeli di minimarket/supermarket dengan 38%, toko kosmetik 32%, department store 17%, dan sales 8%.
Baca Juga:AHY dan SBY Dialog Warga di Bandung, Ini PesannyaGen Z Merapat, Inilah Spesifikasi dan Harga POCO X6 series dan M6 Pro yang Mengerti Kebutuhan Gen Z
“Melihat dari data retail 2023, penjualan makeup dan kosmetik mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Walaupun mayoritas pembelian dilakukan secara online via e-commerce, kita tetap perlu memperhatikan pembelian offline via toko kosmetik untuk makeup, dan via minimarket untuk skincare, karena pengalaman membeli secara offline bisa membantu konsumen untuk menilai produknya secara langsung dan mencobanya di kulit/wajah mereka sebelum membelinya. Baru kemudian pada tahap repurchasing bisa dilakukan via online,” ucap Head of Research Jakpat, Aska Primardi.