Begini Cara Cegah Ketombe Datang dan Merawat Kesehatan Kulit Kepala Saat Musim Hujan

ilustrasi cara merawat kulit kepala foto Istockphoto
ilustrasi cara merawat kulit kepala foto Istockphoto
0 Komentar

RADARCIREBON.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, sebagian besar wilayah Indonesia akan mengalami awal musim hujan tahun 2023/2024 pada bulan Oktober-Desember 2023.

Dan salah satu potensi masalah kesehatan kulit kepala yang dapat muncul selama musim hujan adalah peningkatan risiko ketombe.

Kenapa ketombe? Ya ketombe akan muncul akibat tidak keramas secara rutin, mengalami alergi akibat penggunaan produk perawatan rambut maupun salon, dan juga faktor cuaca, biasanya musim hujan.

Baca Juga:Targetkan Net Zero Carbon di 2050, XL Axiata Bergabung ke Kadin Net Zero HubRatu Nasya Juara 1 Kejuaraan Bulu Tangkis Pelita Timur Setelah Kalahkan Sang Adik Yeoza Nasya di Partai Final

Begini cara untuk menjaga kesehatan kulit kepala di tengah musim hujan saat ini:

1. Lindungi Kulit Kepala dari Dingin dan Lembab yang Berlebih

Pada musim penghujan, suhu cenderung lebih dingin ditambah kelembapan udara meningkat.

Kondisi ini dapat memicu peningkatan kemunculan ketombe karena udara yang dingin dan lembab, menyebabkan kulit kepala lebih rentan menjadi kering, membuat sel kulit mati dan mengelupas sehingga menyebabkan ketombe kering muncul.

Sedangkan kulit kepala yang didiamkan basah terlalu lama tanpa di keringkan dengan baik juga bisa meningkatkan munculnya ketombe basah karena dapat terjadi penumpukan kotoran dan minyak.

2. Perkuat Scalp Barrier dengan Niacinamide

Menurut dr. Danar Wicaksono, MSc., SpDV, dermatologist dan content creator, mengatakan “Menurut studi yang diterbitkan pada Journal of Cosmetics, Dermatological and Applications, kulit kepala memiliki pertahanan yang lebih rentan dibandingkan dengan kulit area wajah. Gangguan pada pertahanan kulit kepala atau scalp barrier dapat memicu kondisi-kondisi yang mengakibatkan ketombe terus-menerus muncul kembali.”

“Oleh sebab itu, dengan kandungan niacinamide akan sangat bermanfaat meningkatkan komponen penunjang scalp barrier sehingga menjadi lebih kuat. Berdasarkan studi lainnya, niacinamide juga terbukti memberikan nutrisi pada scalp barrier dan mengurangi peradangan untuk mencegah ketombe datang kembali,” katanya dalam keterangan resmi CLEAR dikutip dari Disway.id.

3. Bersihkan Rambut dan Kulit Kepala secara Rutin

Kulit kepala cukup rentan terkena masalah ketombe baik basah maupun kering ditengah kondisi udara yang lembab dan dingin di musim hujan seperti saat ini ditambah kita diharuskan untuk tetap beraktivitas diluar ruangan.

Baca Juga:Irjen Pol (Purn) DR.Agung Makbul Drs.,S.H.,M.H Menjadi Pembina Tarung Derajat Kota CirebonHealing Tipis Tipis ke Talaga Surian Camp Park Kuningan Aja, Eksotisme Panorama Hutan Pinus

CLEAR, sebagai Dandruff Expert, menghadirkan teknologi 10x Super Vitamin yang telah terbukti secara klinis untuk mengatasi ketombe dan mencegahnya datang kembali.

0 Komentar