JAKARTA, RADARCIREBON.ID – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil mengawal dan melayani lonjakan kebutuhan data pelanggan sepanjang liburan Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Dari monitoring antara 24 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, rata-rata trafik layanan pada periode Natal dan Tahun Baru meningkat sebesar 15% dibandingkan hari normal dan 19% dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru sebelumnya.
Sedangkan puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru yang mencapai 90% dibandingkan kondisi hari normal. Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) hanya mengalami kenaikan sebesar 1% dan SMS sebesar 8% dibandingkan hari biasa.
”Jauh-jauh hari kami di XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2024. Ini menjadi komitmen XL Axiata dalam menjaga kualitas layanan sepanjang libur panjang akhir tahun 2023, termasuk perayaan Natal dan pergantian tahun baru,” ungkap Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa kepada radarcirebon.
Baca Juga:Tumit Pecah-pecah Atasi Pakai Pakai Minyak ZaitunInilah 6 Merek Parfum Wanita dengan Aroma Mewah
“Dan seperti yang kami prediksikan sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat yang meningkat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru,” sambungnya.
Gede melanjutkan, XL Axiata juga bersyukur selama periode liburan tersebut jaringan kami tetap prima, tidak mengalami gangguan yang berarti karena sebelumnya XL Axiata sudah melakukan sejumlah langkah antisipatif.
Di antaranya adalah berupa peningkatan kapasitas hingga 2x lipat, pengerahan mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.
Data XL Axiata juga menunjukkan tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru. Trafik data di area pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya tetap menunjukkan kenaikan sekitar 15% dibandingkan hari normal. Kota / Kabupaten dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Cirebon, naik 30%, lalu Kota Surabaya, naik 22%, dan Kabupaten Bogor, naik 18%.