Cara Menyimpan Brokoli Agar Awet Berminggu-minggu: Tips Mudah yang Wajib Dicoba!

Cara menyimpan brokoli agar awet
Tipscara mneyimpan brokoli agar awet. Foto: briliofood.com (freepik) - radarcirebon.com
0 Komentar

RADARCIREBON.ID – Brokoli juga termasuk jenis sayuran yang tidak tahan lama. Alasannya, brokoli hanya tahan selama dua sampai tiga hari saja. Berikut artikel ini akan menjelaskan cara menyimpan brokoli agar awet atau tahan lama.

Brokoli termasuk dalam salah satu dari sayuran berkualitas superfood yang baik bagi kesehatan. Hal ini karena brokoli memiliki sejumlah kandungan nutrisi kompleks seperti vitamin, serat, hingga antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Akan tetapi, brokoli menjadi sayuran yang cukup rewel, sebab jika salah menyimpan brokoli akan berubah menguning, kemudian mengering dan layu dan yang lebih parah membusuk dengan cepat.

Baca Juga:Realme C53 Mirip iPhone? Simak Spesifikasi dan Fitur Unggulannya!Inilah 3 Penyakit Kulit Yang Ditularkan Kucing Ke Manusia, Kenali dan Cegah Sebekum Terlambat!

Untuk itu, perlu mengetahui bagaimana cara menyimpan brokoli agar awet sehingga tetap fresh saat akan diolah menjadi masakan.

Dengan menyimpan brokoli dengan cara yang tepat dan benar, maka brokoli bisa tahan hingga sampai satu minggu bahkan bisa lebih.

Berikut adalah tips cara menyimpan brokoli agar awet dan fresh. Namun, sebelum melakukan tips berikut, pastikan untuk membeli brokoli segar yang masih berwarna hijau.

1. Beli atau pilih brokoli yang masih segar dan hijau

Ketika membeli brokoli, pilihlah yang kepala brokolinya berwarna hijau tua, kokoh dengan kuncup tertutup rapat. Ciri-ciri ini menandakan brokoli masih dalam keadaan fresh.

Hindari brokoli yang memiliki kuntum layu dan berwarna kuning. Hal ini menandakan bahwa brokoli sudah dipetik terlalu lama sehingga tidak segar.

2. Metode potong dan metode buket

Ada dua metode yang dapat membuat brokoli lebih awet, yaitu metode potong dan metode buket.

Untuk metode potong, caranya adalah dengan membuang daun brokoli dan potong-potong menjadi bagian yang tak terlalu besar tapi juga tak terlalu kecil.

Baca Juga:Kenali Apa itu Antiretroviral (ARV) dan 5 Macam Obat ARV, Benarkah Menyembuhkan HIV dan AIDS?Bahaya Ultra Processed Food, Picu Diabetes hingga Kanker!

Dan untuk metode buket, caranya adalah dengan membungkusnya seperti buket bunga. Kemudian, masukkan brokoli (bagian batang) ke dalam gelas berisi air hingga ujungnya terendam. Biarkan kuntum brokoli terbuka, lalu simpan di lemari es. Cara ini membuat brokoli awet hingga lima hari.

3. Biarkan brokoli di wadah terbuka

Brokoli bisa bertahan di luar lemari pendingin, hanya dengan meletakkan brokoli di wadah atau kantong plastik seperti biasa. Akan tetapi, sebelum mempraktekan tips satu ini, pastikan untuk tidak menutup rapat wadah atau kantong. Hal ini dilakukan agar mencegah penguraian kimia oleh brokoli yang menyebabkan brokoli cepat membusuk.

0 Komentar