RADARCIREBON.ID – Ada kabar Bahwa Aplikasi TikTok di Amerika Serikat aplikasi tersebut kini resmi diblokir di negara tersebut. Tapi ironisnya, pengguna TikTok di AS kini berpindah ke aplikasi buatan China lainnya yang bernama RedNote, menjadikan aplikasi ini sebagai aplikasi terpopuler di Apple App Store saat ini.
Dalam beberapa bulan terakhir, ada sebuah kabar yang cukup menarik perhatian para pengguna media sosial. Beberapa orang yang dulunya aktif menggunakan TikTok sekarang dilaporkan mulai beralih ke aplikasi lain yang tengah naik daun, yaitu RedNote.
RedNote bahkan sempat menjadi aplikasi paling banyak diunduh di App Store AS pada Senin (13/1/2025). Fenomena migrasi ini terjadi menyusul kebijakan pemerintah AS yang berencana memblokir TikTok dalam beberapa hari mendatang.
Baca Juga:Aplikasi Koin Jagat Mirip Pokemon Go Yang Bikin Geger Karena Telah Membuat Fasilitas Umum RusakKabar Mengejutkan, Datang Dari Legenda Liverpool FC Dirk Kuyt Mau Gabung Jadi Staf Pelatih Patrick Kluivert
Mahkamah Agung AS akan segera memutuskan apakah TikTok harus menjual operasionalnya di AS atau menghadapi larangan penuh pada 19 Januari 2025.
Banyak pembuat TikTok bergegas mencari alternatif di mana mereka dapat terus memposting video sambil menunggu apa yang terjadi pada TikTok, yang kemungkinan akan dilarang pada 19 Januari di AS.
Mahkamah Agung mengadakan argumen lisan minggu lalu mengenai undang-undang bulan April yang menetapkan larangan tersebut, dan tampaknya lebih berpihak pada argumen pemerintah AS bahwa kepemilikan ByteDance atas TikTok menimbulkan risiko keamanan nasional.
Pengacara yang mewakili TikTok dan pencipta berpendapat bahwa undang-undang tersebut melanggar perlindungan kebebasan berpendapat jutaan penggunanya di Amerika.
RedNote, yang juga dikenal sebagai Xiaohongshu, berarti buku merah kecil dan sering dibandingkan dengan TikTok karena fokusnya pada video pendek. Aplikasi ini menawarkan kombinasi video dan siaran langsung untuk penggunanya.
Diluncurkan pada tahun 2013 dan berbasis di Shanghai, RedNote telah berkembang pesat menjadi salah satu platform sosial dengan pertumbuhan tercepat di China, dengan nilai lebih dari USD 3 miliar. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menemukan, meneliti, dan membeli produk secara langsung melalui platform.
Antarmuka RedNote dan integrasi e-commerce menjadi daya tarik tersendiri, memungkinkan pengguna untuk menjelajahi konten mulai dari tips mode dan kecantikan hingga perjalanan dan pengalaman pribadi.