RCS vs SMS: Aplikasi Messaging, Apa Saja Perbedaanya dan Mana Yang Lebih Baik?

Apa itu RCS Messaging
Perbedaan RCS dan SMS. Foto: sumbe linkedin.com - radarcirebonn.com
0 Komentar

RADARCIREBON.ID – Berikut adalah paparan mengenai apa itu RCS Messaging dan perbedaannya dengan SMS.

RCS (Rich Communication Services) Mesaging adalah sebuah standar perpesanan pesan lanjutan dan merupakan generasi selanjutnya dari SMS. Nantinya, RCS Messsaging ini akan menggantikan SMS di seluruh ponsel.

Namun, agak berbeda dengan SMS, RCS Messaging akan lebih seperti Whatsspp dan Facebook. Akan tetapi yang menarik adalah jika aplikasi seperti Whatsapp dan Facebook memerlukan jaringan internet untuk mengaksesnya, maka RCS Messaging tidak memerlukannya.

Baca Juga:Daftar Kota dan Kabupaten Jawa Barat TerbaruTop 5 Kota Terkaya di Jawa Barat, Kota Cirebon Termasuk?

RCS Messaging memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan dengan SMS. Disamping fitur-fitur inti aplikasi perpesanan, RCS Messsaging memiliki fitur tambahan, seperti melakukan panggilan VOIP dan konferensi video.

Munculnya RCS Messaging berawal dari kemunduran pasar SMS sebagai aplikasi pesan. Hal ini karena sejak diluncurkannya, SMS tidak mengalami banyak perkembangan. Sehingga pada akhirnya, SMS mulai kehilangan pangsa pasar untuk produknya.

Pangembangan RCS Messaging saat ini dilakukan oleh Google. Google telah menyatukan 11 pembuat ponsel dan 40 operator untuk mendukung RCS.

RCS Messaging nantinya tidak hanya memiliki fungsionalitas yang mirip dengan aplikasi pesan instan yang canggih, tetapi juga mendukung chatbots dan fitur interaktif lainnya.

Sebenarnya, RCS telah dikembangkan sejak tahun 2008 dan layanan pesan RCS telah didukung oleh sebagian besar jaringan operator utama sejak tahun 2012, Google baru-baru ini mengaktifkan fungsi ini pada ponsel Android.

Google telah meluncurkan pesan RCS karena fitur-fitur tambahannya menciptakan beberapa keuntungan nyata dibandingkan pesan SMS.

Dikutip dari Botpress, dibandingkan dengan SMS, RCS Messaging memiliki keunggulan yang lebih mumpuni. Berikut adalah beberapa potensi keuntungan menggunakan RCS bagi konsumen dibandingkan aplikasi pesan lain:

  • Bisnis dan pengguna akan memiliki identitas yang terverifikasi sehingga pengguna dapat yakin dengan siapa mereka berurusan. Di sebagian besar tempat, nomor tersebut terkait dengan paspor atau akun perusahaan.
  • Kemampuan olah pesannya akan berfungsi bahkan ketika koneksi internet tidak tersedia (yang sebagian besar berarti ketika orang bepergian).
  • Aplikasi ini dipercaya aman oleh konsumen meskipun tidak memiliki enkripsi ujung ke ujung seperti yang dimiliki oleh banyak aplikasi perpesanan (hanya pesan dalam perjalanan yang dienkripsi).
  • Pengalihan SMS dapat digunakan oleh semua orang di mana saja dan merupakan pengalihan yang alami.
  • Merek akan memiliki kontrol lebih besar atas branding karena SMS dan RCS bukanlah aplikasi bermerek.
  • RCS dapat mengirim file yang lebih besar, termasuk foto beresolusi tinggi yang tidak dapat ditangani oleh SMS.
0 Komentar