RADARCIREBON.ID -XL Axiata, operator kovergen terkemuka di Indonesia dengan lebih dari 57,5 juta pelanggan, telah bermitra dengan Cisco, pemimpin teknologi global, untuk memperkenalkan Platform Manajemen Konektivitas IoT melalui Produk IoT Connectivity+ dari XL Axiata guna membantu pelanggan di Indonesia berinovasi dan memperluas bisnis IoT mereka dengan aman.
Koneksi IoT di Indonesia diperkirakan akan tumbuh tiga kali lipat menjadi sekitar 404 juta pada tahun 2028, dengan koneksi seluler menyumbang seperempat dari angka tersebut. Namun, implementasi IoT dalam skala besar sering dianggap kompleks untuk dikelola, tidak hanya karena banyaknya jenis perangkat dan kompleksitas teknologinya yang bervariasi, terutama dalam bidang keamanan siber.
Produk IoT Connectivity+ dari XL Axiata yang didukung oleh IoT Control Center dari Cisco mengatasi kompleksitas ini dengan menyediakan kepada pelanggan arsitektur terpadu yang dirancang untuk mengelola berbagai kebutuhan berskala kecil dan besar.
Baca Juga:Rektor IAIN Cirebon dan Dekan FUA Melepas Peserta International Mobility Program 2024Â Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Malaysia Dukung Internasionalisasi IAIN Syekh Nurjati
Platform ini dilengkapi dengan kemampuan deteksi anomali dengan kecerdasan buatan yang secara proaktif dapat menemukan dan memberi peringatan kepada pengguna tentang masalah perangkat atau konektivitas guna meningkatkan keandalan layanan.
Pada saat yang sama, keamanan end-to-end berkelas enterprise dalam platform akan membantu bisnis melindungi pengguna, perangkat, dan infrastruktur mereka. Pemantauan perangkat secara real-time dan fitur analisis juga memungkinkan bisnis untuk selalu berada satu langkah di depan jika terdapat penggunaan data atau konektivitas yang tidak biasa.
Selain itu, pelanggan juga dapat lebih baik mengelola dan mengontrol biaya karena produk XL Axiata IoT Connectivity+ dapat secara otomatis menyesuaikan paket layanan berdasarkan penggunaan dan konfigurasi yang ditentukan oleh pelanggan.
Kombinasi dari semua kemampuan ini memungkinkan pelanggan untuk mempercepat adopsi dan inovasi layanan IoT sesuai dengan kebutuhan bisnis serta mengelolanya dalam satu platform untuk pengalaman digital yang menyeluruh.
“Seiring dengan meningkatnya kebutuhan konektivitas di seluruh Indonesia, bisnis sekarang mencari cara untuk memperluas implementasi IoT dan mewujudkan berbagai jenis layanan IoT. Namun, mereka menyadari bahwa untuk berhasil di bidang ini dalam jangka panjang, mereka perlu memastikan dapat mengatasi kompleksitas yang terkait dengan implementasi IoT dan menjaga keamanan layanan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.”