RADARCIREBON.ID – Membuat CV yang baik dan benar sangat penting agar menarik perusahaan yang kamu inginkan. CV merupakan dokumen penting untuk menggambarkan tentang kualifikasi, pengalaman, dan keterampilan kamu.
Oleh karna itu memahami cara membuat CV yang efektif akan meningkatkan peluang untuk dipanggil wawancara dan mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan.
Selain membuat CV yang baik, yang perlu diperhatikan yaitu budaya kerja di perusahaan yang kamu incar. Sebab, lingkungan kerja yang nyaman akan membantu Anda berkembang dengan lebih baik.
Isi format yang wajib ada pada CV kamu yaitu :
Baca Juga:Wisata Alam Kebun Teh Cipasung Majalengka Menawarkan Pemandangan Indah5 Destinasi Wisata Hutan Pinus di Kuningan : Wajib Kamu Kunjungi!
1. Data diri seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email
2. Riwayat pendidikan yang mencakup almamater dan gelar
3. Pengalaman kerja mencakup posisi yang pernah ditempati, durasi bekerja, job description, perusahaan tempat bekerja, sertakan pula pengalaman kegiatan organisasi, sukarelawan, maupun magang
4. Keterampilan pendukung yang memuat keahlian dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan.
Sertakan deskripsi atau penjelasan yang diperlukan pada setiap poin, sehingga perjalanan hidupmu tergambar lengkap dan jelas. Jika ada, tuliskan pula pencapaian seperti kejuaraan kompetisi atau tambahan informasi lain yang dirasa perlu dicantumkan sebagai bagian dari isi CV.
Inilah cara membuat CV yang baik dan benar :
1. Buat CV Singkat, Padat, dan Jelas
CV yang efektif sebaiknya tidak terlalu panjang namun tetap memuat informasi penting secara padat dan jelas. Fokus pada informasi yang paling relevan dengan posisi yang kamu lamar.
Hindari pengulangan dan gunakan bullet points untuk mempermudah perekrut dalam membaca dan memahami isi CV kamu.
2. Cantumkan Pengalaman Kerja
Pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang kamu lamar adalah salah satu faktor kunci yang dipertimbangkan oleh perekrut.
Sebutkan pekerjaan sebelumnya yang paling relevan dan jelaskan tanggung jawab serta pencapaian Anda di posisi tersebut. Fokus pada pengalaman yang menunjukkan keahlian dan kemampuan yang sesuai dengan persyaratan pekerjaan yang diinginkan.
3. Gunakan Kata-Kata yang Mempunyai Power
Baca Juga:5 Rekomendasi Tempat Wisata di Kuningan : Dekat dengan Cirebon.5 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Kuningan : Awet Tidak Cepat Basi
Gunakan kata-kata aktif seperti mengembangkan, memimpin, mengimplementasikan, dan mengoptimalkan untuk menunjukkan tindakan dan dampak yang kamu buat di posisi sebelumnya.